4959 Jum'at, 16 Januari 2015 | 04:57:19

Menata Ruang Kelas Agar Nyaman

menata-ruang-kelas-agar-nyamanpesantrenmodern

Setiap siswa dan guru  pasti mendambakan ruang kelas yang nyaman, agar proses belajar dan mengajar dapat berjalan dengan baik. Menata ruang kelas adalah merupakan suatu kegiatan atau upaya untuk mengatur dan mengelola ruangan belajar siswa.  Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah supaya tercipta ruang belajar yang kondusif dan menyenangkan. Karena itulah , perlu diperhatikan bagaimana penataan ruang kelas yang baik untuk  mendukung proses belajar dan mengajar.

Berikut adalah menata ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan:

1.    Meja dan kursi siswa
Posisi atau letak meja dan kursi siswa usahakan agar lurus ke belakang atau samping kiri dan kanan sehingga terlihat keteraturan tempat duduk siswa, meja dan kursi harus bebas dari coretan atau tulisan yang mengotorinya. Pilihlah meja dan kursi yang kuat dan kokoh sehingga tidak bergoyang atau berbunyi saat digunakan oleh siswa.

2.    Jendela dan dinding kelas
Pastikan jendela kaca kelas selalu dalam keadaan bersih, begitupula dengan sudut ruangan dan langit-langit kelas juga harus terbebas dari debu dan sarang laba-laba. Jika perlu dinding kelas berikan hiasan  gambar atau media belajar lainnya, tetapi jangan berlebihan agar terlihat tidak terlalu ramai.

3.    Lantai Kelas
Llantai kelas  harus selalu bersih dan terbebas dari sampah kertas atau tanah yang dibawa oleh sepatu siswa. .Jika lantai kelas berkeramik sebaiknya siswa melepaskan sepatu dan diletakkan di tempat khusus di bagian luar ruangan kelas. Agar lantai selalu terlihat bersih.

4.    Meja dan kursi guru
Meja dan kursi guru letakkan pada pojok kiri kelas, dan sebaiknya meja guru diberi alas dengan kain taplak kemudian di atas meja guru dapat diletakkan  vase bunga plastik. Dengan demikian meja guru akan terlihat lebih indah dan enak di pandang mata.

5.    Perlengkapan kelas
Perlengkapan kelas adalah segala  kebutuhan kelas yang dapat menunjang kelancaran proses belajar dan menagajar didalam kelas. Misalnya, penghapus papan tulis, papan tulis, buku agenda, spidol ,perlengkapan kebersihan, dan lain sebagainya. Letakkan perlengkapan kelas dengan rapi Jangan biarkan perlengkapan itu berada di sembarang tempat.

Semoga Manfaat


Sumber : matrapendidikan

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel