269 Sabtu, 10 Januari 2015 | 04:09:42

Warna Mempengaruhi Psikologis Pada Ruangan

warna-mempengaruhi-psikologis-pada-ruanganwordpress

“ Warna” , jika kita mendengar kata warna apa yang terbersit dalam benak kita? pastilah suatu keindahan yang kita bayangkan. Dalam kehidupan kitapun penuh dengan warna. Secara teori, warna dapat mempengaruhi suasana hati, dapat mempengaruhi suasana ruangan dan lain sebagainya. Karena tanpa adanya warna hidup tersa suram begitu pula kita dalam menjalani hidup ini, jika tidak ada warna kehidupan, hidup ini tidaklah menyenangkan. Jadi begitu berartinya warna dalam hidup kita.

Jika kita masuk kedalam suatu ruangan, yang pertama bekerja adalah penginderaan ataupun rangsangan, dan salah satu rangsangan tersebut adalah warna. Karena itulah didalam menerapkan warna untuk suatu ruangan sangat berpengaruh pada kegiatan fisik dan mental seseorang.

Mungkin Anda pernah mengenal tentang “warna eksternal”, yakni warna yang diartikan secara umum dan bersifat faal.Warna eksternal ini dibedakan menjadi dua yaitu warna panas atau hangat dan warna dingin. Warna panas misalnya warna merah dan jingga, warna ini memberikan efek agresif, aktif, menyenangkan dan bergairah. Sedangkan warna dingin misalnya warna hijau, biru, dan ungu. Warna dingin memberikan kesan sejuk dan member efek tenang, aman dan sunyi.

Namun, warna-warna tersebut juga dapat memberikan efek tersisih karena warna ini memberikan khayalan yang berjarak sehingga ruangan terasa lebih luas.

Sebaiknya Anda tidak menggunakan warna dingin yang tua dan gelap. Karena Semakin tua dan gelap warnanya, ruangan akan terasa semakin  memberikan efek depresi.

Selanjutnya adalah warna internal. Warna internal dapat mempengaruhi emosi seseorang tergantung pada peristiwa dan pengalaman seseorang.

Karena kondisi tersebut maka  respon  psikologi seseorang  dapat muncul terhadap suatu warna pun tidaklah akan sama atau dalam arti menjadi berbeda-beda.

Sumber: tribunews


📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel