49 Kamis, 27 November 2014 | 04:52:43

Menanam Sayuran Organik di Lahan Terbatas

menanam-sayuran-organik-di-lahan-terbatasv.antarafoto

Banyak orang yang membicarakan mengenai produk sayur mayor dan buah-buahan organik. Dapat kita bayangkan bahaya pestisida dalam jangka waktu yang panjang.
Terpikir oleh kita bagaimana cara untuk mengganti sayur-sayuran dan buah-buahan yang kita konsumsi agar terhindar dari bahaya pestisida. Dikota kecil produk organik masih sulit ditemukan meskipun ada mungkin hanya ada di beberapa supermarket besar dan harganyapun lumayan mahal.
 
Untuk menghilangkan rasa kuatir Anda mengenai bahaya pestisida, disini kami coba memberikan solusi.
Setiap orang menilai bahwa produk organik dinilai seperti barang mewah karena harganya yang mahal. Tanpa Anda sadari bahwa sebenarnya Andapun dapat menghasilkan produk organik (tanpa pestisida) dirumah Anda sendiri dengan menggunakan lahan yang ada.
Anda dapat menggunakan lahan di belakang ataupun disamping rumah Anda. Di lahan yang terbatas itu Anda dapat menanam sayur-sayuran yang biasa Anda konsumsi sehari-hari.
Ada beberapa tanaman yang sangat mudah ditanam dirumah menurut  ahli gizi Wied Harry Apriadji, seperti: bayam, sawi, daun bawang dan sebagainya, jenis tanaman ini adalah tanaman sekali tanam untuk sekali panen.
 
Untuk menanam tanaman ini juga sangat mudah, Anda tidak perlu menyiapkan pot, cukup siapkan polybag (kantung plastik hitam). Pupuk yang di gunakan adalah pupuk hijau atau kompos, menggunakan media alami itu lebih baik sehingga tanaman hanya tinggal disiram saja.
Selain tanaman yang disebutkan diatas Anda juga dapat menanam daun katuk dan tauge. Anda pun dapat mencari di pasar tradisional sayur-sayuran yang tidak terlalu popular, biasanya sayuran tersebut ditanam dalam jumlah kecil dan tidak menggunakan pestisida.
 
Jika Anda memiliki lahan lebih dalam arti cukup luas Anda dapat menanam buah-buahan seperti: mangga, jambu, alpukat, rambutan, pepaya dan pisang.
Buah-buahan seperti apel dan pir sebaiknya Anda cuci dahulu kulitnya ataupun Anda kupas, meskipun Anda akan kehilangan kandungan gizi karena sebagian besar kandungan gizi pada apel dan pir terletak di bawah kulit. Mencuci sayuran dan buah dengan baik guna untuk mengurangi bahaya pestisida.
Yang terpenting buat Anda adalah jika Anda mengganti seluruh bahan makanan Anda dengan organik maka lebih banyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah dibandingkan dengan non-sayuran dan non-buah itu sudah jauh lebih baik.
 
Sumber: womenhealth

 

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel