255 Selasa, 28 Oktober 2014 | 03:42:57

Bahaya Polusi Udara Dalam Ruang

bahaya-polusi-udara-dalam-ruangGoogle Image

Di AS, 90 persen dari waktu yang dihabiskan oleh para penduduknya dihabiskan di dalam ruangan. Banyak orang yang sudah sadar jika polusi luar ruangan seperti asap kendaraan sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun tahukah anda bahwa polusi dalam ruangan itu sesungguhnya 5-100 kali lebih berbahaya?

Sebuah riset EPA (Enviromental Protection Agency), mempertegas pendapat tersebut. Polusi dalam ruang telahy menempati 5 bahaya lingkungan terburuk untuk kesehatan manusia, karena gejala yang timbul tidak dapat dengan mudah disadari dan memakan proses yang cukup lama.

Polusi dalam ruangan akan menjadi lebih berbahaya saat jendela dan pintu tertutup rapat, kecuali jika ruangan dilengkapi dengan sistem ventilasi.

Sumber polusi
Penyebab utama polusi dalam ruangan adalah gas dan partikel berbahaya yang dilepas oleh polutan, yang nantinya akan mempengaruhi kualitas udara di dalam rumah. Ventilasi yang minim akan menambah angka polusi di dalam ruangan.

Itulah mengapa keberadaan ventilasi dalam sebuah ruangan begitu penting, fungsinya adalah sebagai lubang sirkulasi untuk membawa polusi dalam ruangan ke luar. Konsentrasi beberapa jenis polutan dapat bertambah dengan temperatur dan kelembapan ruangan yang tinggi.

Contoh sumber polusi dalam ruangan adalah gas, pembakaran minyak, minyak tanah, batu bara, kayu, asap rokok, dan material bangunan dan perabotan rumah tangga seperti karpet basah, asbes, kayu pres, pembersih dan perawat rumah tangga, atau kulkas, AC, dan parfum.

Waspadai si Kecil
Volume udara yang digunakan saat bernapas lebih besar pada anak-anak dibanding orang dewasa jika dibandingkan dengan berat badannya. Maka dari itu, menghirup udara dengan kandungan polusi yang tidak sehat dapat mengakibatkan kesehatan yang menurun.

Kualitas udara yang buruk juga akan memengaruhi angka produktivitas dalam kegiatannya sehari-hari, dan juga efek kesehatan lainnya, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

 

Sumber: EPA Gov

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel