238 Kamis, 09 Oktober 2014 | 01:24:46

Waspada Kebakaran Karena Kelalaian Manusia!

waspada-kebakaran-karena-kelalaian-manusiaTumblr

Kebanyakan kasus kebakaran rupanya dipicu oleh kelalaian manusia. Banyak sekali barang-barang rumah tangga yang digunakan sehari-hari yang sifatnya sangat mudah dibakar. Apalagi jika mengingat cuaca panas yang akhir-akhir ini semakin bertambah, hal ini juga dapat memicu terjadinya korsleting atau arus pendek pada listrik yang dapat berujung ke malapetaka yang sama.

Yuk, simak ulasan yang telah dirangkum oleh Peluang Properti berikut ini untuk membantu anda lebih waspada pada penyebab dan bahaya kebakaran!

Kompor gas
Salah satu peralatan rumah tangga yang paling sering dan mudah memicu kebakaran adalah kompor gas. Kelonggaran karet yang terdapat pada mulut tabung gas akan memberikan ruangan yang cukup untuk gas keluar. Selain beracun, gas ini juga dapat dengan mudah terbakar jika mengalami kontak dengan api. Selain kelonggaran pada karet di mulut tabung gas, kebocoran gas juga dapat terjadi akibat selang gas yang rusak atau retak akibat gigitan tikus atau usia selang itu sendiri. Periksa dan gantilah selang sertan sabuk gas anda secara berkala.

Penggunaan perabotan yang lalai
Ketika anda memasak di dapur, tidak jarang terjadi sesuatu yang akhirnya mengharuskan anda untuk melepas atensi anda dari masakan, entah itu telepon, atau si kecil yang meminta perhatian. Tidak jarang juga anda lupa jika anda sedang memasak, menyebabkan minyak di penggorengan menjadi sangat panas. Bukannya tidak mungkin untuk api tersebut menjulur ke peralatan dapur lainnya yang mudah terbakar.

Apa kecil
Waspadai sumber api kecil di rumah anda, seperti lilin saat mati lampu, obat nyamuk bakar, atau putung rokok yang anda buang di tempat sampah. Jika menjalar ke benda-benda yang terbakar seperti tirai, taplak meja, atau sampah-sampah plastik, bisa-bisa api kecil tadi akan berubah menjadi api yang besar.

Waspadai si Kecil
Perhatikan juga gerak-gerik buah hati anda saat mereka sedang bermain. Sebisa mungkin jauhkan lah dari benda-benda yang dapat memicu kebakaran, seperti korek api, kompor, dan kabel yang menyambung ke listrik.

 

Sumber: BPBD PemkoMedan

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel