276 Rabu, 08 Oktober 2014 | 04:29:26

Kenali Isi Bantal Anda, Yuk!

kenali-isi-bantal-anda-yukTumblr

Produsen bantal selalu terdorong untuk menggunakan bahan dan teknologi pembuatan bantal yang mendukung kenyamanan dan kesehatan pengguna. Tapi, sebetulnya apa saja, sih isi di dalam bantal itu? Berikut ini adalah beberapa bahan yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan bantal:

Bulu Angsa
Bahan yang masih menduduki tingkat termahal ini memiliki dua jenis bulu, yaitu bulu bagian leher (down) yang sangat halus dan bulu bagian dada (feather) yang mengandung tulang. Semakin tinggi kandungan down-nya, semakin mahal harganya. Kain pelapis bantal harus tebal karena bulu angsa menghasilkan debus sebagai bahan organik.

Memory Foam
Bahan ini disebut demikian karena membutuhkan waktu untuk ke kembali ke bentuknya semula setelah mendapatkan tekanan. Sifat ini memberi rasa nyaman dan daya dukung penuh. Bahan ini terbuat dari bahan sejenis busa PU (polyurethane) yang dibuat melalui proses khusus. Karena bahannya menyerap keringat, bantal dari material ini sebaiknya digunakan di ruang berpendingin udara (AC).

Dakron
Dakron biasa digunakan sebagai upaya menggantikan kapas dan kapuk. Bahan ini terbuat dari serat plastik yang sangat halus. Dakron unggul dibanding kapas dan kapuk karena sifatnya yang tida menyerap air. Bantal yang berkualitas bagus terbuat dari lembaran dakron yang dilipat, bukan gumpalan.

Lateks
Bantal lateks yang diperoleh dari getah karet ini umumnya memiliki lubang-lubang sebagai pengatur kekenyalan bantal. Lateks dibedakan atas lateks natural (>80 persen bahan natural) dan lateks sintetis (>80 persen bahan sintetis). Lateks natural sifatnya anti bakteri dan anti kutu akibat kandungan getahnya yang tinggi. Karet memiliki sifat isolator, tidak menghantarkan panas, sehingga permukaan bantal lateks tetap adem di tempat panas, dan sebaliknya.

Kapuk dan Kapas
Kapuk dan kapas, meskipun merupakan bahan pengisi yang paling banyak digunakan, sifatnya sangat mudah berdebu dan seringkali menjadi sarang kutu yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan dan kulit. Karena sifatnya yang menyimpan kelembapan, lama-kemalaan dua bahan ini akan memadat dan bertambah keras.

Nah, kira-kira Anda ingin membeli bantal dengan jenis bahan apa?

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel