128 Rabu, 01 Oktober 2014 | 03:56:37

Cara Mudah Hadapi Tetangga

cara-mudah-hadapi-tetanggaTelegraph UK

Memiliki kehidupan bertetangga memang susah-susah mudah, karena tetangga sifatnya bermacam-macam. Ada yang baik dan suka menolong , namun ada juga yang menyebalkan dan suka menganggu. Jika anda memiliki tetangga yang menyebalkan, bisa jadi anda akan dihadapkan pada dua kemungkinan terburuk: nilai properti anda akan turun karena banyak sampah atau semak-semak yang mengganggu, atau kesejahteraan dan kenyamanan anda dan keluarga menjadi terganggu.

Peluang Properti telah meringkas 5 tips yang dapat anda lakukan untuk menghindari 2 kemungkinan buruk tersebut. Yuk, kita simak bersama-sama!

Inspeksi Lokasi
Sebelum anda pindah ke lingkungan baru, baiknya anda lakukan inspeksi terlebih dahulu, seperti apa lokasinya? Jika anda tidak menyukai suara yang bising, lebih baik anda memilih tempat yang lokasinya jauh dari keramaian, begitu juga dengan sebaliknya.

Perkenalkan Diri
Baik anda orang baru maupun orang lama yang menyambut tetangga baru, perkenalkanlah diri anda baik-baik dengan seluruh anggota keluarga tetangga anda. Rasa akrab di awal akan mencegah terjadinya masalah di masa yang akan datang.

Periksa Sebelum Asumsi
Halaman yang berantakan, suara yang bising dari dalam rumah, bangkai mobil tidak terawat di depan teras, baiknya sebelum anda berasumsi yang bukan-bukan, cari tahu dahulu latar belakang dari masalah yang sedang dihadapi. Apakah penghuni sedang sakit? Kunjungan tentunya dapat membantu anda mencari tahu.

Cari Tahu tentang Peraturan Sekitar
Sebelum anda mengajukan keluhan anda akan perlakuan tetangga yang menurut anda mengganggu, lebih dahulu cari tahu tentang peraturan lingkungan rumah anda tentang hal-hal yang mengganggu seperti suara bising, bangkai mobil yang mengganggu jalanan, sampah, dan lain sebagainya. Dengan validnya peraturan, pihak yang berwenang akan lebih mudah memproses keluhan anda.

Kumpulkan Bukti
Jika masalah terus menerus berdatangan dan itu timbul karena tetangga anda, kumpulkan segala data yang anda perlukan, jika perlu buat catatan berbentuk jurnal yang berisi tanggal, waktu, dan bentuk pelanggaran yang dilakukan. Dengan bukti yang valid, pihak yang berwenang juga akan lebih mudah memproses keluhan anda.

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel