189 Rabu, 24 September 2014 | 02:39:45

Cegah Panas Dengan Warna dan Desain yang Tepat

cegah-panas-dengan-warna-dan-desain-yang-tepatblogspot : Kaskushotthread

Akhir-akhir ini, cuaca di Jakarta dan sekitarnya lumayan panas, termasuk juga beberapa wilayah lain di Negeri ini. Inilah hal yang harus dihadapi bila bermukim di wilayah tropis.

Kita tidak perlu memusuhi panasnya matahai, sebab berjuta manfaat juga yang kita dapatkan dari matahari. Akan tetapi, panas yang dihasilkan matahari kadang tak terbendung sehingga menimbulkan rasa panas di dalam rumah juga.

Hal yang mesti anda lakukan hanyalah, mengontrol seberapa banyak cahaya matahari yang akan menjelajahi rumah anda, agar anda tetap merasa nyaman.

Salah satu upaya yang dapat anda lakukan, untuk mencegah panas di dalam rumah adalah dengan merancang eksterior yang tepat pada rumah anda. Yang perlu diperhatikan saat mendesain tampak luar rumah, anda harus cermat dalam pemilihan warna untuk eksterior rumah anda.

Berdasarkan teori, panas akan sangat mudah di serap oleh warna-warna gelap, sedangkan warna-warna terang akan membiaskan panas. Hunian yang berwarna gelap akan menyerap sekitar 70 hingga 90 persen dari keseluruhan panas matahari yang di perolehnya. Kemudian rasa panas yang di terimanya akan di saluran lagi kedalam ruangan yang ada di dalam rumah.

Bagian rumah yang paling banyak terkena sorotan sinar matahari adalah atap, satu pertiga panas yang dirasakan pada ruangan dalam rumah, dihasilkan dari panas pada atap rumah. Sekarang ini, banyak diperjual belikan atap-atap yang memiliki berbagai pilihan warna, oleh sebab itu pilihlah warna atap yang terang untuk rumah anda. Namun jika rumah anda sudah menggunakan atap berwarna gerlap, anda tidak perlu khawatir, anda cukup mengecat kembali atap rumah anda, atau melapisi atap rumah anda dengan bahan seperti waterproofing yang terang.

Gunakan juga warna-warna cerah pada dinding, lantai carport serta elemen-elemen lain yang terkena sorotan matahari langsung. Meskipun efeknya tidak sebesar atap, namun hal tersebut juga membantu dapat mengurangi rasa panas pada rumah.
    
Untuk menghemat, anda dapat menggunakan cat dinding yang penuh warna, sebab warna-warna pada cat akan lebih bertahan jika dibandingkan dengan warna berpigmen banyak, yang dengan mudahnya akan menjadi kusam.

Jadi anda dapat mengurangi rasa panas dalam rumah, tanpa harus merogoh kocek yang banyak bukan?

Sumber : tabloid rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel