101 Rabu, 24 September 2014 | 12:45:35

Mengecat Dinding Rumah, Perhatikan 4 Kesalahan Berikut

mengecat-dinding-rumah-perhatikan-4-kesalahan-berikutweeklyworship

Saat mengecat rumah biasanya ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Perlu diketahui mengecat bukanlah persoalan memulas dinding dengan cat, terutama jika dinding ada sebelumnya sudah ada warna lain atau ada bahan lain yang melekat. Selain itu anda juga mesti bersabar dan telaten dalam mengerjakannya, sebab untuk ukuran ruangan yang luas dan besar anda tidak bisa menyelesaikannya dalam waktu yang singkat.

Sebelum anda mengecat ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan, untuk itu anda dapat menyimak tips cara menghindari kesalahan tersebut dan cara untuk menghindarinya.

1.    Kaleng Cat Dibuka Seluruhnya.
Agar hemat dalam penggunaan cat, jangan membuka seluruh tutup kaleng. Anda cukup membuat lubang kecil saja, agar cat cukup menetes saja. Pada saat mengecat mulailah dengan bagian langit-langit lalu ke dinding, pintu terakhir lantai. Namun sebelumnya amplas terlebih dahulu dinding, setelah itu usap partikel debu dengan kain, jangan lupa gunakan masker saat pengerjaan.

2.    Tidak Melepas Wallpaper.
Apabila dinding anda sebelumnya dilapisi dengan wallpaper maka anda jangan langsung melapisinya dengan cat. Lepas dahulu secara perlahan wallpaper tersebut. Jika wallpaper telah lama merekat dan sulit dilepas, maka gunakan obat yang dapat melemaskan kertas dinding tersebut. Setiap kali anda mengecat rumah pastikan ruangan terbuka dan biarkan udara masuk, agar anda terhindar dari bahaya yang berasal dari bahan kimia yang terdapat pada cairan cat anda dan berhati-hatilah.

3.    Tidak Menunggu Sampai Cat Benar-benar Kering
Agar cat mengering sempurna anda harus menunggunya kurang lebih selama 24 jam. Setelah itu baru masukan barang-barang ke ruangan apabila sebelumnya dikeluarkan. Jika anda berencana menggunakan kembali rol dan kuas cat, maka segera bersihkan dan simpan di tempat yang baik.

4.    Membuang Sisa Cat di Sembarang Tempat.
Jangan pernah membuang cat di sembarang tempat, contohnya di saluran air kotor atau got depan rumah. Sebab cat yang anda buang akan menjadi limbah yang dapat membahayakan lingkungan sekitar. Pada saat menutup kaleng cat, tidak lupa untuk membersihkan dahulu tepi kaleng, kemudian selimuti denga handuk atau kain di atas tutup supaya aman dari jangkauan anak-anak.

Berikut tips yang bisa anda jadikan panduan saat mengecat rumah. Selamat mengecat!

Sumber : Nova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel