633 Kamis, 11 September 2014 | 06:36:14

Bale Bengong, Tempat bersantai ala Bali

bale-bengong-tempat-bersantai-ala-balitripadvisor

Seandinya memiliki Gazebo, maka bersantai atau bermalas-malasan tidak terpaku di dalam rumah. Diluar rumahpun bisa jadi sangat menyenangkan. Selain bisa menghirup udara terbuka, bersantai di gazebo dapat membuat pandangan jadi lebih segar.

Sebagai salah satu elemen yang mempunyai sifat tidak hidup atau bukan tanaman, Gazebo adalah bagian elemen keras dari sebuah taman. Karakter sebuah taman akan terlihat lebih keras dengan adanya elemen ini.

Gazebo sudah banyak didirikan sejak ribuan tahun lalu, beberapa negara yang terkenal dengan bangunan gazebo diantaranya adalah Cina dan jepang. Wajar jika Teahouse adalah nama lain untuk gazebo.

Bentuk Gazebo beragam setiap negara memiliki khas masing-masing, seperti di bali ada bangunan bale bengong yang bentuknya menyerupai gazebo.

Arena Bersantai
Bale bengong menjadi bagian gaya bangunan Bali, karena bentuk bangunannya sudah teradaptasi dengan daerah setempat.
Bangunan yang berfungsi sebagai ruang santai atupun beristirahat ini bersifat permanen. Sejak dahulu hingga saat, ini di beberapa wilayah di Bali, Bale bengong dimanfaatkan sebagai tempat untuk meletakkan hasil panen ataupun mengeringkannya. Seperti padi, sebelum di masukkan kedalam lumbung padi ketika musim panen tiba.

Konstruksi Utama
Sesungguhnya Bale bengong adalah rumah kecil terbuka yang di bangun di lahan taman. Struktur utamanya berada pada kolom yang menunjang atap. Banyak tiang di bale bengong biasanya berjumlah 4 namun ada juga yang lebih, semua itu di sesuaikan dengan ukuran bangunan, dan atap Bale bengong terbuat dari alang-alang atau bahan sirap.

Pondasi yg di gunakan untuk bale bengong adalah menerus, sebagai tumpuan utama dari atap dan tiang kolom. Dasar lantainya terbuat dari susunan beton atau bata yang dilapisi oleh batu alam ataupun keramik. Selain itu bisa juga menggunakan acian semen namun perlu di alasi kain atau tikar untuk lapisan seperti itu.

Yang menjadi ciri bangunan bale bengong adalah ketinggian lantai yang sekitar 30cm-60cm lebih tinggi dari permukaan tanah, manfaat dari bedanya permukaan lantai tersebut adalah, agar saat anda duduk bersantai di lantai bale tidak terganggu oleh binatang yang hendak mendekati.

Gazebo ala bali ini bisa menjadi pilihan bila anda ingin memiliki tempat bersantai di luar rumah.

Sumber : Klik rumah anda

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel