178 Kamis, 11 September 2014 | 03:34:45

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Tinggalkan Rumah

hal-hal-yang-harus-dilakukan-sebelum-tinggalkan-rumahTumblr

Seringkali, untuk keperluan mendadak maupun liburan panjang, hunian anda harus ditinggalkan dengan keadaan kosong tanpa ada yang menjaga. Situasi seperti ini pastinya dapat membuat para pemilik hunian khawatir dan cemas akan keamanan hunian mereka selama ditinggalkan.

Jika anda termasuk dari yang sering meninggalkan hunian anda tanpa berpenghuni dalam jangka waktu yang cukup lama, anda perlu waspada. Namun jangan khawatir, karena Peluang Properti telah merangkum solusi untuk anda, agar anda tetap dapat meninggalkan rumah dengan hati yang tenang. Yuk, disimak!

Listrik
Selain untuk menghemat listrik dan mengamankan rumah anda dari bahaya kebakaran karena korsleting listrik, baiknya matikan seluruh aliran listrik di rumah anda sebelum anda tinggalkan. Cukup sisakan lampu teras menyala agar rumah anda tidak terlihat terlalu “menyeramkan” di malam hari.

Kunci
Sebelum anda benar-benar meninggalkan hunian anda dalam keadaan kosong, pastikan terlebih dahulu jika pintu, jendela, dan pagar anda telah terkunci dengan benar. Gunakanlah gembok besar untuk pagar luar dan garasi anda. Untuk lebih maksimal, anda dapat memasang alarm anti maling di pintu dan jendela rumah anda.

Bersihkan Sampah
Jangan sekali-kali meninggalkan rumah dalam waktu yang lama dengan sampah yang mengendap di dalam rumah. Sampah yang basah akan lebih cepat busuk, dan sampah yang sudah busuk, tidak hanya menjadi sumber berbagai penyakit, namun juga akan menyebarkan bau tidak sedap ke seluruh ruangan anda.

Tanaman
Baiknya, sebelum anda meninggalkan rumah anda, pindahkan dulu pot-pot tnaman anda ke tempat yang teduh seperti teras. Hal ini untuk menghindari pembusukan karena terlalu banyak tersiram air hujan atau mati karena mendapat sinar matahari yang berlebihan.

Kendaraan Bermotor
Jika anda meninggalkan kendaraan bermotor anda dirumah, baiknya lepaskan akinya untuk sementara sampai anda pulang dan simpanlah di tempat yang teduh dan aman. Selain menghindari kerusakan kendaraan karena mesin yang dingin, anda juga dapat meminimalisir kemungkinan pencurian kendaraan di rumah anda.

Dapur Bersih
Tinggalkanlah dapur dalam keadaan bersih, mulai dari cucian piring sampai ke bahan makanan di kulkas yang kiranya dapat membusuk saat anda masih dalam perjalanan anda.

Perlengkapan elektronik
Jika anda memiliki kebiasaan untuk tetap menyambung kabel listrik perlengkapan elektronik rumah anda setiap saat, ubah kebiasaan ini saat anda berpergian jauh atau dalam waktu yang lama. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari korselting listrik.

Air
Tutuplah seluruh aliran air yang ada di rumah anda untuk menghemat pengeluaran air bersih. Jika anda menggunakan mesin jet pump otomatis, cabutlah sambungan listriknya sebelum anda pergi.

Tetangga
Selain untuk menjaga tali silaturahmi, tidak ada salahnya jika anda titipkan rumah anda ke tetangga sekitar hunian anda. Mintalah mereka untuk segera menghubungi anda dan pihak berwenang jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

 

Sumber: Rumahku

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel