386 Rabu, 10 September 2014 | 03:51:21

Jadikan Kamar Mandi Anda Kering dan Sehat!

jadikan-kamar-mandi-anda-kering-dan-sehatFresh Home, Small House Life

Sebagian besar kamar mandi di Indonesia, terutama kamar mandi umum, kerap merupakan tempat yang basah, lembab, bau, dan jorok. Padahal kita semua sudah tahu bahwa tempat yang lembab dan bau merupakan sarang berbagai kuman dan penyakit. Kamar mandi dengan ukuran yang kecil lebih “rentan” lembab dan bau karena tidak banyaknya ruang yang dapat digunakan udara untuk berputar.

“Baiknya, kamar mandi harus selalu dibiarkan kering. Dengan kondisi kering, akan sulit bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Begitu juga dengan pencahayaan dan sirkulasi udara. Idealnya, kamar mandi diberi penerangan yang cukup untuk menghindari kesan kumuh dan kusam, dan sirkulasi udara lancar dengan penggunaan ventilasi dan exhaust fan,” ujar Rina Renville, Direktur PT De’stjil Cipta Kreasi, sebuah perusahaan konsultan desain yang berbasis di Jakarta.

Wahyu Achadi, direktur HomeWorks, sebuah perusahaan konsultan desain lainnya di Jakarta berpendapat bahwa untuk menjaga kamar mandi agar tetap sehat, kita perlu membagi area kamar mandi menjadi dua bagian, yakni area kering (kloset dan wastafel) dan area basah (area untuk mandi). “Tidak perlu bak mandi, anda cukup memasang shower agar hemat ruangan. Kloset juga harus dilengkapi jet washer agar kotoran dapat terbuang sempurna,” ucapnya.

Selain hemat ruangan, penggunaan shower juga membuat penggunaan air lebih hemat dan menghindari cipratan air ke mana-mana. Jet washerpun begitu, kita dapat membilas kloset tanpa perlu membuang banyak air dan menyebabkan becek di lantai karena cipratan.

Ternyata, kamar mandi sehat tidak berarti kamar mandi harus luas. Ruangan dengan ukuran 1,5 x 1,5 m2 dinilai sudah cukup. Gunakanlah material bangunan yang mudah kering, sederhana, dan mudah dibersihkan jika kotor. Bagilah dua area yang tadi dijelaskan secara tegas menggunakan ubin atau pembatas.

Baiknya, head shower diletakkan dalam posisi diagonal agar mandi tetap leluasa. Tempat shampoo dan sabun juga sebaiknya diletakkan memanjang, agar area mandi lebih luas. Dengan meletakkan head shower tidak lebih tinggi daripada area kering kamar mandi anda, air yang menyiprat ke area tersebut juga akan menjadi lebih sedikit. Anda juga dapat menggunakan tirai kamar mandi atau bilik shower untuk memaksimalkan hal tersebut. Jangan lupa bersihkan secara berkala agar tetap terhindar dari bakteri dan kotoran.

 

Sumber: Housing Estate

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel