155 Jum'at, 05 September 2014 | 04:13:46

Yuk Beralih ke Kanopi Hijau!

yuk-beralih-ke-kanopi-hijauarchdaily

Penggunaan "dinding hijau" di area perkantoran dan residensial untuk memaksimalkan pemakaian lahan sempit sambil mempertahankan kualitas udara rupanya telah ketinggalan zaman. Saat ini, pemilik usaha ataupun pemilik rumah juga dapat memakai "kanopi hijau" atau kanopi peneduh yang bisa dibuat menggunakan tanaman. Hal itu telah dapat terlihat seperti pada Harmony Arts Festival di West Vancouver, British Columbia. Di tengah teriknya matahari, para pengunjung festival dapat menikmati teduh dan sejuknya dampak dari pemakaian "kanopi hijau" tersebut.

Kanopi itu sesungguhnya adalah bagian dari instalasi temporer yang dirancang oleh Matthew Soules Architecture dan dikuratori oleh Museum of West Vancouver. Secara resmi, kanopi itu dikenal dengan nama "Vermilion Sands".

Berbeda dari kanopi tumbuhan pada umumnya, kanopi yang terdapat di Harmony Arts Festival ini tidak hanya menawarkan perlindungan bagi para pengunjung festival dari teriknya sinar matahari. Namun, kanopi tersebut juga dilengkapi dengan "sistem kabut" yang berguna untuk menjaga kelembaban tanaman yang ada di sekitarnya dan mendinginkan suhu di bawahnya.

Tetapi, walaupun dapat dinikmati oleh para pengunjung tanpa harus bersusah payah, proses pembuatan Vermilion Sands cukup memakan waktu yang cukup lama dan menggunakan teknologi istimewa. Karena letaknya berada di atas kepala dan pembuatnya bersikeras menampilkan bentuk kanopi istimewa, maka Vermilion Sands memerlukan media tanam istimewa.

Seperti yang dilansir dari Archdaily, Vermilion Sands dibentuk dengan memanfaatkan rangka besi yang dijahit pada bahan berlapis benih dan pupuk atau geotextile fabric. Sebelum dapat dinikmati oleh para pengunjung festival, kanopi ini pun harus ditumbuhkan terlebih dahulu dalam fasilitas pengembangan.

 

 

Sumber: archdaily

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel