273 Selasa, 26 Agustus 2014 | 04:07:50

Penataan Ruang Untuk Pengguna Kursi Roda

penataan-ruang-untuk-pengguna-kursi-rodaDegrassi

Di dalam dunia arsitektur, tidak hanya keindahan saja yang diperhatikan, namun juga tingkat efisiensi ruangan itu sendiri. Ruangan yang sempurna adalah ruangan yang dapat memberikan ruang gerak yang cukup agar penghuninya dapat dengan leluasa melakukan kegiatannya sehari-hari.

Untuk manusia normal, mungkin penataan ruangan merupakan hal yang mudah. Berbeda halnya jika untuk penyandang cacat, atau orang yang harus menggunakan kursi roda. Penataan ruangan tentunya menjadi hal yang harus diperhatikan dan direncanakan matang-matang, karena salah-salah, bisa-bisa pengguna kursi roda tidak dapat bergerak secara leluasa karena ruang gerak yang serba terbatas.

Untuk kamar tidur, terlalu berbeda jauh dengan penataan kamar tidur normal lainnya, kamar tidur untuk pengguna kursi roda terdapat pada sirkulasinya. Pastikan ruangan itu memiliki ruang sirkulkasi di bagian pintu kamar dengan ukuran minimal 152,4cm x 152,4cm. Dengan ukuran itu, kursi roda dapat dengan leluasa diputar ke segala arah.

Jika pintu masuk ke kamar tidur memiliki tinggi yang lebih tinggi dari ruangan lainnya, anda dapat memggunakan ramp dengan sudut kemiringan sekitar 15 derajat untuk mempermudah pengguna kursi roda untuk mendorong sendiri kursinya masuk ke ruangan. Untuk lebih mempermudah, gunakanlah pintu geser. Pintu geser lebih mudah dibuka tutup dan sudah terbukti sangat menghemat runagan. Pastikan lebar pintu anda lebih dari 80cm agar kursi roda dapat masuk.

Standar luas ruangan yang berlaku untuk pengguna kursi roda adalah lebih dari 121,9cm x 121,9cm. Dengan jarak antara kasur dan dinding yang lebih dari 125cm, perputaran kursi roda di dalam ruangan juga akan lebih praktis dilakukan.

Tidak hanya kamar tidur, kamar mandi juga harus memiliki ruang gerak yang cukup untuk pengguna kursi roda, begitu juga dengan ketinggian kloset. Jika bisa, samakan tinggi kloset dengan kursi roda dan jangkauan penggunanya, yakni sekitar 45-50cm.

Selain itu, penataan alat-alat mandi seperti handuk, sampo, dan sabun juga harus ditempatkan di tempat yang mudah untuk dijangkau. Anda dapat menggunakan rak pendek atau gantungan yang memiliki tinggi tidak lebih dari 50 cm.

 

Sumber: Rumahku

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel