175 Sabtu, 09 Agustus 2014 | 08:28:33

Tips dan Trik Agar Furnitur Lebih Efektif

tips-dan-trik-agar-furnitur-lebih-efektifPinterest

Setiap orang pasti ingin ruangan dalam hunian terlihat indah dan estetis. Namun, kebanyakan orang terlalu memikirkan estetika dari penataan furnitur itu sendiri lebih daripada penempatan yang tepat dan pengaturan ruang bergerak yang sesuai. Hal ini menyebabkan furnitur tidak dapat berfungsi secara optimal sebagaimana mestinya.

Meskipun keunikan dan keindahan sebuah ruangan itu penting, mengatur ruangan anda agar funirtur anda dapat berfungsi secara efektif tidak kalah pentingnya. Estee Stanley, desainer asal Domaine menegaskan bahwa sebelum menghias ruangan dalam hunian, para pemilik rumah harus terlebih dahulu mengetahui fungsi dari masing-masing furnitur yang dimilikinya. Dengan begitu, penempatannya dapat disesuaikan dengan letak yang dapat memaksimalkan fungsi dari furnitur itu sendiri.

Tidak Perlu Simetris
Janganlah memaksakan agar tampilan ruangan anda semuanya simetris. Meskipun pengaturan simetris sangat popular belakangan ini karena memberikan nuansa klasik dalam ruangan anda, penataan seperti ini dapat menyinyiakan fungsi furnitur di dalam ruangan anda. Selain minim keunikan, tidak semua ruangan dengan tata ruang simetris dapat berfungsi secara optimal.

Simetris Tidak Sama dengan Seimbang
Simetris dan seimbang adalah dua hal yang berbeda. Menurut Stanley, ketimbang memaksaan penataan ruangan yang simetris, lebih baik ruang dalam hunian ditata secara seimbang. Kuncinya adalah dengan memastikan bahwa furnitur dan perabotan anda “menyebar” ke seluruh ruangan secara merata. Tidak perlu menyamakan secara persis jumlah furnitur di kanan dan kiri sisi ruangan. Yang penting adalah tidak membiarkan salah satu sisi ruangan kosong dimana sisi lainnya padat dengan furnitur sehingga terlihat tidak seimbang dan kontras.

Nomer 1 Adalah Fungsi
Dalam mendekor sebuah ruangan, yang paling penting adalah bagaimana agar furnitur anda tetap dapat berfungsi secara optimal. Jika anda adalah orang yang sering mengundang tamu ke hunian anda, maka penataan tempat duduk anda perlu perhatian yang lebih. Usahakan agar penataan ruangan anda membuat tamu dan duduk-duduk dengan nyaman dan santai, dengan begini, percakapan juga menjadi lebih lancer.

Pilih Jenis Furnitur Sesuai dengan Ukuran Ruangan
Kreasikan pemilihjan furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan anda. Dengan ukurang ruangan yang lebih besar, pemilihan furnitur tidak akan terlalu menjadi masalah. Namun dengan ukuran ruangan yang tidak luas atau kecil, anda perlu lebih kreatif lagi. Gunakanlah kursi berjenis ottoman untuk memberikan tamu-tamu anda tempat duduk tambahan. Meskipun sempit, jenis kursi ini mudah dipindahkan sesuai dengan kebutuhan dan dapat disimpan saat tidak diperlukan.

Kursi Jangan Saling Berpunggungan
Usahakan agar tempat duduk yang ada di ruangan anda tidak saling memunggungi karena penataan ruangan seperti ini akan membuat ruangan anda terlihat penuh. Stanley menegaskan bahwa, “Satu trik desain dari saya adalah untuk menghindari penataan dimana kursi-kursi dalam satu ruangan saling memunggungi. Contohnya, punggung kursi meja makan berhadap-hadapan dengan punggung sofa anda. Selain ruangan anda tampak “pecah”, ruangan anda juga akan terlihat sempit dan penuh.”

Fleksibilitas
Yang paling penting dalam menata sebuah ruangan adalah dengan memastikan bahwa anda dan keluarga anda tetap dapat beraktifitas dengan fleksibel di dalamnya dengan fungsi furnitur yang efektif, optimal, dan fungsional. Barulah setelah itu, anda dapat memberikan nuansa yang anda ingin dengan dekorasi-dekorasi tambahan yangs sesuai.

 

Sumber: Domaine

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel