98 Selasa, 12 Agustus 2014 | 04:11:35

Waspadai 5 Dampak Buruk Kebiasaan Menonton TV

waspadai-5-dampak-buruk-kebiasaan-menonton-tviStock

Walaupun umumnya alasan orang-orang menonton televisi adalah untuk mendapatkan informasi dan melepas stress setalah seharian bekerja, kebiasaan ini ternyata memiliki dampak yang tidak baik. Apalagi jika rata-rata, anda menghabiskan waktu hingga 4 jam atau lebih dalam sehari untuk menonton televisi. Yuk, waspadai hal-hal berikut ini agar anda tidak merugi!

Risiko Penyakit Jantung Meningkat
Menurut hasil penelitian yang terkumpul selama 6 tahun dari 8.800 wanita dan pria di Australia (yang lebih tua dari 25 tahun dan tidak memiliki riwayat panyakit jantung), terungkap bahwa kebiasan menonton televisi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga kematian sampai dengan 18 persen dan risiko penyakit kanker sebesar 9 persen.  Dibandingkan yang menonton televisi selama 2 jam sehari, sebesar 80 persen risiko tersebut ditemukan lebih banyak pada orang-orang dengan kebiasaan menonton TV lebih dari 4 jam sehari.

Insomnia
Sinar yang dihasilkan oleh TV memiliki kandungan yang tidak baik dan dapat mengurangi kadar melatonin pada otak. Hal ini dapat mengubah ritme alami tubuh sehingga jam tidur dapat berubah secara ekstrim. Kondisi ini jika terus menerus dibiarkan akan memicu berbagai penyakit karena faktor kelelahan dan istirahat yang kurang.

Risiko Diabetes Meningkat
Menurut hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Medical Association, terungkap bahwa sebesar 14 persen kemungkinan risiko diabetes meningkat pada setiap 2 jam yang dihabiskan untuk menonton TV setiap harinya. Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa pria yang memiliki kebiasaan menonton TV hingga 40 jam setiap minggunya cenderung memiliki risiko diabetes tipe 2 sebanyak 3 kali. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan mengemil saat menonton TV.

Kurangnya Interaksi Sosial
Keasikan menonton acara di TV dapat berimbas pada kehidupan sosial anda. Interaksi sosial dapat berkurang, dan bahkan jika berlebihan, dapat menyebabkan munculnya fobia sosial, terutama pada kebiasaan yang dimulai sejak dini.

Gangguan pada Penglihatan
Menonton TV terlalu banyak tidak baik untuk mata. Meskipun cahaya TV cukup terang di ruangan tanpa lampu yang gelap, bahaya pada penglihatan anda justru meningkat. Hal ini disebabkan oleh fokus mata yang terlalu panjang pada setiap objek yang berujung pada tegangnya syaraf-syaraf pada mata.

 

Sumber: Wolipop

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel