128 Jum'at, 25 Juli 2014 | 03:41:48

Kanopi Rendah: Boros Energi

kanopi-rendah-boros-energiIndo Jersey Biz

Siapa sih yang tidak menginginkan rumah dengan desain minimalis? Di Indonesia, desain ini sedang marak-maraknya digunakan, baik oleh pengembang maupun rumah yang dibangun perorangan. Desain yang minimalis dianggap memberikan kesan yang bersih dan rapih.

Biasanya, desain minimalis memiliki bentuk bangunan yang tidak neko-neko dan cenderung sederhana, dekorasi yang tidak terlalu ramai, ornament tambahan yang tidak terlalu banyak, dominasi garis-garis horizontal pada dinding luar dan pagar, serta warna abu-abu, putih, cream, dan hitam yang akrab di mata.

Sayangnya, banyak dari desain rumah minimalis memiliki kanopi yang rendah. Hal ini menjadikan nilai minimalis yang ada pada konsep desainnya terganggu. Mengapa begitu? Selain kenyamanan yang terganggu karena sinar matahari dapat langsung masuk ke dalam ruangan, ternyata biaya listrik juga bisa melonjak jadi lebih mahal!

ok bisa? Lebar kanopi yang minimal akan membuat jendela dan kacanya menyerap langsung panas matahari dari luar. Sama seperti efek rumah kaca, panas yang tadi terserap akan terperangkap di dalam ruangan anda dan ini akan menyebabkan suhu ruangan anda naik. Seiring dengan meningkatnya suhu ruangan, penggunaan pendingin ruangan seperti kipas angin dan AC juga akan meningkat, yang diiri dengan melonjaknya iuran listrik bulanan anda.

Inilah mengapa rumah kaca tidak cocok untuk digunakan di negara dengan iklim yang tropis, seperti Indonesia.  Desain rumah dengan kanopi yang kecil dan rendah lebih cocok digunakan di negara dengan iklim yang dingin seperti di Eropa, sehingga suhu ruangan menjadi hangat, berbanding terbalik dengan suhu udara yang dingin di luar.

Bagaimana, sudah tahu kan sekarang apa hubungannya pemasangan kanopi rendah dengan iuran listrik anda? Yuk, jangan sepelekan desain rumah dan melulu mengikuti tren yang ada, karena belum tentu yang terlihat bagus di mata baik juga untuk keuangan anda. Semoga ulasan ini bermanfaat!

 

Sumber: Idea Online

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel