272 Kamis, 24 Juli 2014 | 03:41:59

Dinding Taman Sebagai AC Alami

dinding-taman-sebagai-ac-alamiHouse Logic

Jika anda tinggal di tempat yang memiliki iklim yang tropis, maka dinding taman merupakan solusi yang tepat agar sinar matahari yang terik tidak langsung masuk ke ruangan hunian anda. Dengan tidak adanya secondary skin atau dinding penghalang, sinar matahari akan langsung masuk dan ruangan hunian anda akan terasa pengap dan panas.

Dinding taman merupakan dinding yang memiliki dua fungsi, selain sebagai penghalang, namun juga sebagai taman untuk hiasan hunian anda. Selain tanaman yang segar dapat menyejukkan ruangan anda, hobi bercocok tanam pun jadi lebih mudah dilakukan tanpa repot-repot berpanas-panasan di taman.

Dinding taman dapat anda hiasi dengan berbagai macam tanaman kesayangan anda sehingga sedap dan enak dipandang. Tidak hanya merupakan hiasan yang unik dan menarik, dinding taman ini juga berfungsi sebagai ventilator alami yang menyaring udara kotor karena sifat tanaman yang menyerap karbondioksida. Dengan begini, udara yang ada di ruangan adalah udara yang segar dan bersih.

Agar tidak terlihat terlalu penuh dan cepat kotor, kombinasikan dinding taman anda dengan berbagai material alam seperti kayu, batu alami, dan lain sebagainya. Biasakan untuk selalu memangkas tanaman anda jika sudah terlihat terlalu panjang dengan ranting yang menjalar kemana-kemana.

Letakkanlah dinding taman anda di tempat dimana sinar matahari paling lama “menyengat” bagian dari hunian anda. Dengan begini, sinar matahari yang masuk akan terminimalisir dan ruangan anda akan terasa adem dan sejuk.
Pilihlah tanaman untuk dinding taman anda dengan cabang yang banyak serta ranting dan dahan yang tidak mudah patah agar anda dapat membentuknya seperti sebuah kanopi. Tanaman yang biasanya cocok untuk dinding taman adalah pohon asa, tanjung, atau mahoni.

Untuk menambah kesejukan pada ruangan anda meski dengan sengatan sinar matahari yang tidak ada habisnya, anda juga dapat mengaplikasikan dinding taman di area balkon atau teras anda. Jika asupan sinar matahari di balkon atau teras anda cukup banyak, anda dapat emmilih tanaman yang berbunga jika terkena sinar matahari secara terus menerus. Jika sinar matahari tidak terlalu banyak, anda dapat memilih tanaman berdaun seperti anturium.

Meskipun dinding taman memerlukan perhatian, waktu, dan tenaga untuk memeliharanya, tidak akan rugi deh jika mengaplikasikan ini pada hunian anda! Tidak hanya biayanya yang terbilang murah, hunian anda menjadi lebih sehat dengan udara bersih yang dihasilkan, dan pastinya lebih menarik untuk dilihat dengan ragam tumbuh-tumbuhan alami! Yuk, kita coba!

 

Sumber: IdeaOnline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel