166 Sabtu, 19 Juli 2014 | 03:10:30

Menangani Batuk Dan Pilek Pada Anak

menangani-batuk-dan-pilek-pada-anakdietrendahkalori

Di musim pancaroba dengan cuaca yang tidak menentu ini, batuk pilek paling sering menjangkit si buah hati. Yang perlu diketahui sebagai orang tua adalah, batuk dan pilek ternyata bukan suatu penyakit. Batuk dan pilek merupakan gejala penyakit atau yang biasa disebut influenza.

Berikut akan dibahas tips-tips yang patut dicoba untuk menyamankan si kecil yang sedang terserang batuk dan pilek.

- Berilah anak waktu untuk beristirahat dan anjurkan id untuk minum air putih lebih banyak dari biasanya. Ini berfungsi untuk mengencerkan dahak sehingga gampang dikeluarkan.

- Rajin-rajinlah mengelap tangan anak, terutama saat setelah ia memegang hidungnya. Ini juga harus dilakukan oleh orangtua atau pengasuhnya, terutama jika tangannya bersentuhan dengan benda-benda yang dipegang si anak.

- Berikan makanan bergizi dan perbanyak konsumsi buah, terutama buah yang mengandung banyak vitamin C contohnya jeruk, jambu biji, dan mangga. Asupan ini berguna meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga tubuh mampu menyembuhkan diri sendiri. Jangan lupa bahwa influenza yang disebabkan oleh virus sebenarnya hanya akan sembuh dengan kekuatan daya tahan tubuh si penderita.

- Berusahalah menghindari untuk makan goring-gorengan, atau makanan dan minuman yang terlalu dingin, seperti es krim. Berikanlah makanan hangat yang tinggi kalori dan proteinnya dan juga yang mudah dicerna, contohnya sup ayam atau daging.

- Untuk meredakan gejala batuk dan pileknya, berikan obat batuk pilek anak sesuai gejala yang ada. Pastikan obat yang dipilih diformulasikan khusus untuk anak dan mempunyai kandungan zat aktif untuk mengobati gejala batuk pilek.

- Ingatlah bahwa influenza mudah sekali menular pada orang lain. Karena itu, untuk sementara hindari anak kontak langsung dengan adik atau kakaknya.

 

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel