268 Sabtu, 19 Juli 2014 | 12:13:54

Buah Yang Bagus Dimakan Saat Sariawan

buah-yang-bagus-dimakan-saat-sariawanwallsaved

Banyak pemahaman yang keliru tentang sariawan. Penyebab penyakit yang menyerang rongga mulut ini sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin C. Padahal, sariawan dapat terjadi karena banyak faktor. Jadi hendaklah kita pahami lebih lanjut tentang penyebab sariawan.

Seperti yang dikatakan Naturopati, Mim Beim bahwa untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan sariawan memang disarankan untuk menghisap permen vitamin C setiap dua jam sekali. Tetapi pada bulan Ramadhan ini, tentulah banyak orang yang menjalankan ibadah puasa. Maka itu, Mim menyarankan untuk banyak mengkonsumsi buah semangka, pir, dan ketimun.

"Semangka, pir, dan ketimun serta sayur selada bersifat menenangkan luka dan mempercepat penyembuhan sariawan," ujar Mim, seperti yang dikutip Dailytelegraph, Jumat (18/7/2014).

Apabila sariawan disebabkan karena trauma fisik ke mulut seperti kepada pengguna kawat gigi atau menyikat gigi terlalu keras, maka sebaiknya kita meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Rutin konsumsi obat herbal dan suplemen. Termasuk vitamin C, A dan seng serta tumbuh-tumbuhan seperti echinacea, astragalus. Selain itu, dua vitamin B khususnya - asam folat (B9) dan tiamin (B1) - telah terbukti untuk menyembuhkan dan mencegah sariawan," papar Mim.

Namun jika stress adalah pemicunya, Mim menyarankan untuk melakukan yoga, meditasi atau berjalan bersama anjing peliharaan Anda.

Menurut DR. drg. Harum Sasanti Yudoyono, Sp.PM, ahli penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, penyebab sariawan itu umumnya ada faktor genetik atau keturunan dan ditambah pemicu lain seperti stress dan trauma, kelelahan, hormonal, anemia, alergi, gangguan imunitas, defisiensi nutrisi serta gangguan pencernaan. Jadi penyebab sariawan bukan karena kekurangan vitamin C seperti apa yang masyarakat yakini selama ini.

"Kekurangan vitamin C tidak menyebabkan sariawan melainkan dapat membuat gusi berdarah atau Gingivitis kronis (peradangan gusi). Jadi vitamin C tidak berkaitan dengan sariawan. Bila Anda sariawan lebih baik mengonsumsi vitamin B seperti B1, B6, B12 dan asam folat," ungkapnya.

 

 

 

Sumber: Liputan6

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel