143 Jum'at, 18 Juli 2014 | 03:57:21

Pisang Mentah Bisa Bikin Langsing

pisang-mentah-bisa-bikin-langsingLiputan6

Profesor emeritus dari biokimia di Liverpool John Moores University, Rodney Bilton melakukan penelitian yang hasilnya cukup mengagetkan. Ia menghabiskan waktu 15 tahun untuk mencari kebenaran tentang makanan apa saja kah yang tepat untuk menjadi langsing dan sehat. Dan salah satunya ternyata adalah pisang mentah.

Dikutip dari halaman Dailymail, Kamis (17/7/2914), pisang mentah yang berwarna kehijauan dikatakan Profesor Rodney mempunyai kandungan serat yang tinggi dab resisten pati (Resistant Starch) yang lolos dari proses pencernaan di usus halus dan masuk ke usus besar.

"Serat pada pisang mentah ini tidak diserap oleh usus kecil melainkan diserap lambat oleh tubuh bersama bakteri di usus besar untuk memberikan energi yang lama," tutur Rodney.

Rodney berkata, resisten pati adalah jenis karbohidrat yang tidak seperti karbohidrat lainnya. Jenis karbohidrat ini tidak menyebabkan gula darah naik sehingga aman bagi penderita diabetes. Resisten pati ini juga membuat kita tidak mudah lapar. Selain itu, ia menambahkan bahwa pisang mentah juga memiliki keuntungan pelangsing lain seperti merangsang pelepasan hormon, glukagon, yang membuat pembakaran lemak.

"Resisten pati merupakan komponen penting dalam mengelola berat badan dan gula darah, serta membantu bakteri sehat tumbuh di usus besar. Nilai tambahnya, mengurangi resiko kanker usus besar," tegas Rodney.

Di Barat sendiri, orang-orang dianjurkan untuk mengkonsumsi resisten pati sekitar 3 – 7 gram per hari. Badan kesehatan resmi seperti Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation di Australia bahkan merekomendasikan makan setidaknya 20 gram sehari.

 

 

 

Sumber: Liputan6 

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel