258 Kamis, 17 Juli 2014 | 03:05:33

Hutan Mungil dalam Kaca

hutan-mungil-dalam-kacaTumblr

Ternyata, akuarium dapat diisi dengan sesuatu yang bukan ikan hias, loh! Terarium, contohnya. Terarium, atau yang juga bisa disebut sebagai vivarium adalah taman kecil yang berada di sebuah wadah dari plastik atau kaca transparan. Berawal dari fungsinya untum sebuah penelitian, fungsi terarium berkembang menjadi sarana bercocok tanam dan dekorasi ruangan.

Terarium juga sering mendapat julukan miniatur lab biologi karena berisikan biosfer buatan yang sangat mendekati lingkungan alam aslinya. Inggris merupakan negara pertama yang memperkenalkan metode terarium dengan bentuk rumah kaca untuk keluarga kerajaan dan masyarakat menengah ke atas sampai akhirnya terarium mendunia dan sampai ke Indonesia. Untuk macamnya, terarium memiliki 3 jenis. Yuk, kita simak ulasannya!

Terarium terbuka
Terarium terbuka, seperti namanya, merupakan terarium yang menggunakan wadah yang atasnya terbuka. Terarium jenis ini paling gampang dalam penggunaan dan perawatannya. Bahkan, anda dapat membuat jenis ini sendiri dengan waktu yang terhitung singkat.

Terarium tertutup
Terarium tertutup merupakan terarium dengan wadah yang tertutup rapat-rapat. Terarium jenis ini terbilang paling susah mulai dari pembuatannya sampai ke pemeliharaannya. Terarium tertutup memerlukan cahaya dengan jumlah yang tepat yang tentu saja, untuk memenuhinya pasti memiliki kesulitan tersendiri.

Terarium binatang
Jika dua jenis terarium di atas adalah terarium khusus untuk tanaman, di terarium binatang anda dapat menggabungkan hutan mungil buatan anda dengan hewan peliharaan anda, seperti ular, iguana, kura-kura, katak, atau kadal.

Karena terarium merupakan metode dengan wadah yang terbatas dengan biosfer yang unik, maka penting untuk memilih jenis-jenis tanaman terarium yang tepat. Beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk terarium adalah kaktus, bromeliad, sukulen, dan sasiviera.

 

Sumber: TNIOL ID

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel