89 Rabu, 16 Juli 2014 | 12:06:44

Usir Kantuk Tanpa Kopi

usir-kantuk-tanpa-kopivemale

Minum secangkir kopi di pagi hari dapat menyegarkan tubuh yang masih mengantuk bagi sebagian orang. Tidak ayal hal ini dilakukan oleh banyak orang di dunia. Di Amerika Serikat saja, sekitar 54 persen orang minum 1 cangkir kopi setiap hari. Tetapi, terlalu banyak asupan kafein dalam tubuh dapat membuat kita lekas marah dan cemas. Bila Anda tidak ingin merasakan hal tersebut, hindari minum kopi sebagai pengusir kantuk. Cobalah cara-cara alami yang dikutip dari Huffington Post, Senin (14/7/2914):

- Cari cahaya matahari

Sinar matahari berfungsi sebagai sinyal untuk otak agar Anda bangun dan memulai hari. Sebuah studi di University of Leige menyatakan bahwa orang yang terkena sinar matahari akan tersadar dan meningkat aktivitas otaknya yang bertanggungjawab terhadap proses kognitif.

- Pijat

Studi yang dilakukan di University of Michigan menunjukkan bahwa memijat dengan lembut di beberapa titik akan membuat Anda mudah tersadar di pagi hari. Para relawan diminta memijat lima titik tubuh, diantaranya adalah atas kepala, titik antara jempol dan telunjuk, bawah tempurung lutut, bawah mata kaki, dan dasar leher.

- Minum air dingin

Di pagi hari, tubuh mengalami dehidrasi sehingga sering membuat kita merasa lelah dan malas terbangun. Sebab itu, para dokter menganjurkan minum air dingin untuk membantu melancarkan adrenalin dan mengurangi rasa lelah.

- Jalan pagi

Hilangkan rasa malas bangun dan siapkan diri untuk olahraga guna memperlancar aliran darah. Menurut psikolog Thomas Plante, hal ini sama efektifnya dengan secangkir kopi. Dr Oz juga menganjurkan untuk melakukan lompatan kecil yang berguna memperlancar aliran darah ke jantung dan otak.

- Sarapan bergizi

Setelah tidur lebih dari enam jam, hendaknya segera mengkonsumsi makanan sehat untuk menolong kerja metabolisme, menambah energi, dan membantu konsentrasi. Buah dan yoghurt adalah kombinasi menu sehat untuk sarapan.

 

 

 

Sumber: Liputan6

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel