119 Sabtu, 12 Juli 2014 | 12:53:16

Puasa Aman Untuk Penderita Diabetes

puasa-aman-untuk-penderita-diabetesTime and Date

Gaya hidup modern ternyata tidak melulu baik, loh. Kalau anda merupakan salah satu dari kelompok orang yang suka jajan-jajan, makan di restoran, dan senang mengkonsumsi makanan manis seperti cokelat, es krim, dan lain sebagainya, anda harus waspada akan penyakit gula darah.

Diabetes Melitus merupakan penyakit gula darah yang banyak “menyerang” orang-orang dengan gaya hidup seperti di atas. Penyakit yang kadang disebut sebagai kencing manis ini merupakan dampak dari kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh yang meningkat karena kurangnya kandungan insulin. Gejala yang sering ditemukan pada pengidap penyakit ini adalah rasa haus yang tak kunjung reda, lemas, berat badan yang turun drastic, cepat merasa lapar, dan sering pipis terutama di malam hari. Gatal-gatal, penglihatan yang kabur, keputihan, dan luka yang tak kunjung sembuh juga merupakan ciri-ciri lain penyakit ini.

Jika anda atau keluarga anda merupakan salah satu penderita penyakit Diabetes Melitus, ada baiknya anda mengecek dahulu kadar gula darah anda atau keluarga sebelum anda atau keluarga mulai berpuasa. Jika memang diperlukan, mintalah kepada dokter yang bersangkutan untuk menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan dalam sehari, dan sesuaikan dengan kondisi penyakit anda atau keluarga anda.

Walaupun puasa terdengar seperti kegiatan yang “bahaya” untuk para penderita Diabetes Melitus, sebenarnya jika dilakukan dengan cara yang benar, puasa malah kegiatan yang membantu untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh, loh! Yuk, perhatikan tips yang telah dirangkum Peluang Properti berikut ini!

1. Jika anda perlu mengkonsumsi obat pengontrol kadar gula darah, anda dapat meminumnya sebelum makan saat sahur dan sesudah berbuka puasa.
2. Jika anda memerlukan suntik insulin, sebaiknya anda konsultasikan dosis yang diperlukan selama bulan puasa dengan dokter yang bersangkutan agar kadar insulin yang masuk ke tubuh dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
3. Jika di tenga-tengah puasa tiba-tiba gula darah anda menurun, segera batalkan puasa anda. Turunnya kadar gula dapat ditandai dengan rasa pusing, badan lemas dan gemetar, keringat dingin, dan jantung yang berdebar. Segeralah minum air gula dan konsumsi makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi, seperti kurma atau gandum.

 

Sumber: Ayah Bunda

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel