180 Jum'at, 11 Juli 2014 | 02:54:22

Rumah Tanpa AC? Tak Masalah!

rumah-tanpa-ac-tak-masalahtribunnews

Setelah seharian bekerja, tentulah Anda ingin segera pulang ke rumah untuk bersantai. Tetapi, bagaimana jika keadaan rumah panas dan sumpek? Hal itu pasti akan sangat mengganggu waktu santai Anda di rumah. Bahkan cenderung membuat Anda tidak kerasan di rumah sendiri.

Beberapa hal penyebab rumah terasa panas dan sumpek adalah minimnya jendela, lubang angin, atau rendahnya plafon. Jika kita sudah merasa panas dan sumpek, hal ini cenderung mendorong kita untuk mengeluarkan biaya lebih untuk pendingin ruangan. Tetapi jangan terburu-buru, yuk cari tahu beberapa tips membuat rumah sejuk tanpa AC:

  1. Rongga bawah atap pengusir panas

Membuat rongga bawah atap dapat meredam radiasi panas dari area loteng. Ini dapat diaplikasikan pada rumah dengan bentuk atap datar yang menempel ke bangunan tetangga dan berguna juga pada atap berbentuk sandar tanpa plafon

  1. Lubang di gunungan membuat adem ruangan

Buatlah lubang aliran udara pada atap berbentuk pelana. Anda juga dapat membuat lubang dengan bentuk segitiga dan kotak, disesuaikan dengan desain rumah. Jumlah lubang angin juga harus disesuaikan dengan iklim, misalnya jumlah lubang pada perumahan di daerah perkotaan harus lebih banyak dari pada perumahan di pegunungan.

  1. Ruang sejuk berkat plafon tinggi

Sudah diketahui bahwa dengan memiliki plafon yang tinggi akan menjadikan rumah Anda terasa lebih sejuk tanpa AC. Dengan tinggi plafon yang mencapai lebih dari 3 meter atau dua kali tinggi bada orang dewasa dapat menjauhkan Anda dari sumbe radiasi.

 Bisa juga menggunakan void atau model plafon tinggi yang menerus hingga ke atas lantai dua. Dengan begitu, aliran udara akan lancar dan membuat ruangan terasa lebih luas. Dan sebaiknya gunakan warna yang cerah agar cahaya mudah terpantul dan membuat ruangan menjadi terang.

 

 

 

Sumber: kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel