120 Jum'at, 11 Juli 2014 | 12:04:52

Waspada 5 Makanan Perusak Gigi

waspada-5-makanan-perusak-gigivemale

Memiliki gigi yang rapi, bersih, dan tampak putih sudah barang tentu menjadi dambaan setiap orang. Tetapi, keinginan tidak diiringi dengan kebiasaan yang tepat. Dokter Jennifer Jablow, DDS dari Park 56 Dental, New York mengatakan, "Begitu banyak orang yang cara mengunyah atau menggigit makanan yang membahayakan gigi, gusi, lidah, dan rahang".

Untuk itu, mari kita intip beberapa makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari agar tampilan gigi menjadi lebih sehat dan menarik, dikutip dari Mens Health, Rabu (9/7/14).

1. Diet soda

General Dentistry melakukan penelitian pada tahun 2012 yang membuktikan bahwa mengkonsumsi minuman diet soda atau minuman yang mengandung methamphetamine dapat merusak enamel gigi. Hal itu dapat menyebabkan gigi mudah menyerap warna makanan dan minuman yang dikonsumsi sehingga gigi tidak dapat putih seperti mutiara.

2. Permen beku

"Ketika menggigit sesuatu yang keras, terutama dengan gigi depan dapat merusak gigi dan mengirim sinyal rasa sakit ke dalam sendi tempromandibular. Hal ini menyebabkan otot dan ligamen pada gusi tegang," ungkap Dr Jablow.

3. Jagung

Makan jagung bakar langsung mengigit dari jagung merupakan hal yang membahayakan. Hal ini disampaikan oleh dokter Paul Levi, Jr, DMD, dia berkata bahwa saat makan jagung langsung dari tongkolnya akan ada serabut perusak gusi yang mungkin termakan.

4. Minuman panas

Bila kulit terkena sesuatu yang panas pasti kita akan kaget. Hal tersebut juga akan dirasakan oleh mulut, Dr Levi mengatakan jika kita mium sesuatu yang panas maka akan membuat permukaan lidah dan langit-langit mulut terasa sakit dan melepuh.

5. Es batu

Segelas minuman dingin memang sangat nikmat diminum di hari yang panas. Tetapi setelah minuman habis, bukan berarti Anda dapat mengunyah sisa es batu yang ada. Mengunyah es batu dapat berbahaya bagi kesehatan mulut karena pada saat mengunyah otot-otot di sekitar rahang akan tegang. Hal tersebut membuat mulut terasa sakit saat dibuka atau ditutup.

 

 

sumber: liputan 6

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel