260 Kamis, 10 Juli 2014 | 03:02:03

7 Hal yang Dilarang Saat Melipat Baju

7-hal-yang-dilarang-saat-melipat-bajuTumblr

Memang sih, mencuci pakaian membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Semua itu karena anda terlebih dahulu harus membagi pakaian-pakaian anda sebelum dicuci, mencuci, mengeringkan, menjemur, menyetrika, hingga akhirnya pakaian dilipat dan disimpan di lemari. Masalahnya, kadang saat pakaian sudah masuk ke lemari dan hendak dipakai, bukannya rapi, pakaian malah terlihat khusus. Mungkin anda telah melakukan salah satu dari 7 hal yang dilarang saat melipat baju.

Apa saja sih “pantangan”nya? Carolyn Forte, Direktur Laboratorium Home Appliances and Cleaning Production Good dari House Keeping menjabarkan dengan sederhana 7 kesalahan umum yang biasa dilakukan saat melipat baju yang berakibat pada pakaian yang tampak khusus. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Biarkan baju di mesin pengering
Baju yang selesai dicuci dan dikeringkan tidak boleh dibiarkan di dalam mesin pengering terlalu lama karena bahan pakaian anda mengerut ketika kering. Namun, kini beberapa mesin cuci sudah dilengkapi dengan sistem siklus pengguling atau tumbling cycle, yang dengan sistem pengeringannya yang cepat, dan berkali-kali akan membantu untuk mengurangi kerutan pada pakaian.

Lupa kibas pakaian
Untuk jenis pakaian sehari-hari, teknik mengibaskan sebelum melipat dilakukan agar anda lebih lentur dan mudah ditata di lemari. Sementara untuk jenis-jenis handuk, kibasan itu menjaga agar handuk tetap halus, lembut dan mencegah adanya kekusutan.

Abaikan bahan kain
“Kain yang licin dan sulit untuk dilipat mungkin sebaiknya digantung,” saran Forte. Yang termasuk kain jenis itu antara lain kain sutra, poliester, dan nilon. Sementara untuk sweater tebal dan bahan rajutan, dapat langsung anda lipat tanpa takut membuatkan menjadi kusut.

Lipat bra
“Melipat bra dengan cara menekuk satu cup di dalam cup yang lain akan beresiko merubah bentuk dan tergesernya busa di dalam bra,” jelas Forte. Sebaiknya anda menyimpan bra anda secara berbaris tanpa dilipat, sebagaimana yang biasaa lihat ditoko.

Gulung kaus kaki hingga berbentuk bola
Salah kaprah yang sangat sering terjadi karena ingin menghemat ruangan di lemari in ternyata dapat menyebabkan bahan kaus kaki menjadi kendur. Sebaiknya, sepasang kaus kaki secara bersamaan dan lipat setengahnya.

Lupa tampilan baju saat dipakai
Setiap baju memiliki tampilan yang berbeda saat dilipat dan dikenakan di tubuh. ”Perhatikan dimana anda ingin dan tak ingin ada lipatan (pada baju),” jelas Forte. Sebagai contoh, hindari melipat sweater atau atasan setengah membujur karena itu akan meninggalkan bekas lipatan di tengah baju akibat tertumpuk baju-baju lainnya.

Simpan baju kesayangan di rak tinggi
Simpanlah baju-baju yang sering anda gunakan di rak yang mudah anda jangkau. Meletakkanya di rak yang tinggi, dapat menyebabkan baju lainnya berjatuhan saat anda hendak menggambil baju kesayangan anda.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber: Good Housekeeping

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel