82 Selasa, 08 Juli 2014 | 03:35:35

Sahur Sehat, Yuk!

sahur-sehat-yukChannel4

Kadang, karena masih sangat mengantuk dan harus bangun di pagi-pagi buta saat udara sedang dingin-dinginnya, anda jadi lupa memperhatikan komposisi makanan sahur anda. Padahal, santap sahur jauh lebih penting untuk tubuh anda jika dibandingkan dengan berbuka puasa. Karena perut anda akan “dikosongkan” seharian penuh, sangat penting untuk memberikan tubuh anda nutrisi dan vitamin yang diperlukan agar tetap fit selama berpuasa. Yuk, kita simak tips-tips berikut ini!

Air Putih
Anda dapat memulai sahur sehat anda dengan segelas air putih. Karena, saat kita puasa, tubuh kita akan kehilangan banyak cairan.

Buah
Selain baik untuk berbuka, buah-buahan juga baik disantap saat sahur karena banyaknya elektrolit dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Tubuh anda akan tetap fit dan segar selama anda beraktifitas.

Zat Besi
Saat anda puasa, kandungan zat besi anda akan menurun karena sel darah merah berkurang jumlahnya di dalam tubuh. Dampaknya, anda akan merasa lemah dan mengantuk karena pasokan oksigen yang dibawa oleh sel darah merah tidak cukup jumlahnya. Konsumsilah makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi untuk menjaga agar kandungan hemoglobin anda selama puasa tidak “terkuras habis”. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi jus buah tanpa gula.

Karbohidrat
Sama seperti kandungan nutrisi yang lain, karbohidrat tidak kalah penting untuk tubuh. Saat sahur, pilihlah karbohidrat kompleks, yaitu karbohidrat dari nasi merah dan roti gandum. Selain membuat anda kenyang dalam waktu yang lama, konsumsi karbo kompleks akan membantu anda menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh anda. Karbo biasa mengandung banyak gula, dan gula dalam tubuh akan melepaskan insulin dengan cepat, yang akan membuat anda cepat lapar.

Protein
Konsumsilah lauk pauk yang mengandung protein saat sahur, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, daging, atau ikan. Agar tidak bosan, anda dapat memvariasikan menunya dengan telur rebus, pasta, brokoli, dan ikan tuna. Tidak hanya lezat dan mengenyangkan, kandungan protein yang ada di dalam makanan ini dapat membantu anda untuk tetap fit sepanjang puasa.

Hindari gorengan
Makanan yang digoreng akan menyumbat masuknya oksigen ke dalam tubuh hingga 20 persen. Jika tubuh anda kekurangan oksigen, anda akan merasa lemas dan mengantuk sepanjang hari.

Magnesium
Sempurnakanlah menu sahur anda dengan makanan yang mengandung magnesium seperti kacang almond, pisang, dan jeruk. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

 

Sumber: Pesona

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel