79 Selasa, 08 Juli 2014 | 02:16:12

Tips Agar Kulit Makin Fresh

tips-agar-kulit-makin-freshpancarkancantikalami

Seperti yang kita semua ketahui, kulit sehat sudah pasti harus dirawat dari luar dan dari dalam. Selain mencegah kulit kering dengan menggunakan lotion, mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran juga berguna untuk kelembapan kulit. Tetapi, selain cara-cara yang sudah kita ketahui diatas, ada beberapa tips penting dari ahli dermatologis yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan fresh, seperti dikatakan pada Huffingtonpost, Senin (7/7/14).

Perbanyak makan buah dan sayuran. Cara ini pasti sudah sering kita dengar dan juga sering dikatakan oleh pakar kesehatan. Tetapi hal ini memang berdasarkan penelitian yang dipublikasikan jurnal PLoS One, yang menyatakan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi buah dan sayuran berwarna akan memiliki kulit lebih sehat dan menarik.

Menurut ahli gizi, Elisa Zeid, RD, salah satu alasan mengapa kulit tampak merah dan oranye adalah dengan mengkonsumsi karotenoid yang terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna seperti wortel, labu, dan paprika merah.

Studi di American Journal of Clinical Nutrition juga menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C, memiliki kulit lebih sehat, jauh dari keriput, kulit kering dan kulit bersisik.

Cuci muka dua kali sehari. Sebagian besar wanita mencuci muka sekitar tiga sampai empat kali sehari. Hal ini merupakan suatu kesalahan. Ahli dermatologi dan asisten profesor dermatologi di University School of Medicine Bosto, Emmy Graber, MD mengatakan degan mencuci wajah dua kali sehari dapat membuat kulit lebih optimal.

"Semakin sering mencuci muka, semakin besar kemungkinan kulit Anda akan kering dan kehilangan kelembapan alami. Terlebih lagi, beberapa partikel scrub dapat menyebabkan goresan mikroskopis pada kulit," ujar Graber.

Graber mengambahkan, bahan kimia seperti microbeads yang lembut pada wajah bisa mencemari laut, dan dapat meningkatkan racun dalam ikan yang kita makan.

Gunakan kacamata hitam. Grabber mengatakan, kulit di bawah mata cenderung sangat tipis dan sensitif sehingga rentan rusak akibat sinar matahari. Maka baiknya, gunakanlah kacamata hitam besar yang dapat melindungi  wajah sampai 99-100 persen.

Gunakan sunblok. "Bahkan ketika Anda berpikir terlindungi oleh pakaian, kulit Anda butuh pelindung dari matahari," ujar ahli bedah dan profesor dermatologi di UCSF, Neuhaus, MD.

Posisi tidur. Pilihlah posisi tidur yang tepat. Nehaus berkata bahwa tidur adalah cara terbaik untuk mencegah keriput. Tetapi tidak semua posisi tidur baik untuk kesehatan kulit, seperti tidur tengkurap atau menyamping. Dua hal tersebut dapat menyebabkan keriput karena posisi wajah ditekan pada bantal. Jika anda mempunyai masalah mendengkur dan sleep apnea yang mengakibatkan tidak dapat tidur terlentang, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan sarung bantal sutra atau bantal khusus untuk alas wajah Anda saat tidur.

 

 

Sumber: health.liputan6

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel