117 Selasa, 08 Juli 2014 | 10:01:38

Tetap Enerjik Saat Berpuasa

tetap-enerjik-saat-berpuasahealth.detik

Saat berpuasa, tubuh pasti terasa lemas sehinggaa membuat kita malas melakukan aktivitas. Lalu bagaimana mengatasi masalah tersebut? Apa yang dapat kita lakukan supaya tubuh tetap bugar atau enerjik walau seharian berpuasa?

Puasa ramadhan yang dijalankan umat muslim tanpa disadari berguna untuk mengubah pola makan kita menjadi lebih teratur. Dengan menjalankan ibadah puasa, sistem pencernaan kita dapat beristirahat dan tubuh kita dapat bersih dari zat yang merugikan yang terdapat pada usus, ginjal, kandung kemih, paru-paru, serta kulit. Puasa juga berguna mengubah cadangan lemak di tubuh menjadi energi.

Selama berpuasa, kadar gula darah dalam tubuh kita menjadi lebih rendah dan kita juga kehilangan banyak cairan tubuh sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas. Saat sedang menjalankan ibadah puasa, kesempatan makan hanyalah pada saat berbuka hingga saat sahur. Oleh karena itu, kita harus cerdas memanfaatkan  waktu untuk memberikan tubuh konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan. Namun jangan disalah artikan untuk mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya, ada beberapa anjuran yang sebaiknya diikuti agar puasa tetap berjalan lancar.

Awali berbuka dengan mengkonsumsi  minuman dan makanan yang manis seperti teh manis hangat, kurma, atau kolak. Hindari minum air dingin karena akan menyebabkan kembung dan meningkatkan asam lambung. Konsumsilah banyak air putih pada malam hari untuk menghindari dehidrasi, sebab pada siang hari kita cenderung mengeluarkan banyak keringat saat sedang beraktifitas.

Makan sahur sangatlah penting untuk mengimbangi gizi pada saat berpuasa, maka itu dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat tersebut dpat membantu Anda menyiapkan cadangan energy saat berpuasa. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang banyak, dan apabila anda tidak sempat menyiapkan  makan sahur, hendaklan minuim susu yang mengandung banyak kalsium dan protein yang tinggi.

Hindari makan sahur yang berlebihan karena hal ini akan menyebabkan kadar gula darah meningkat dan tubuh akan cepat lemas, lesu, dan selalu mengantuk. Konsumsilah vitamin yang berguna bagi tubuh saat berpuasa, yaitu vitamin A, B, dan C, yang dapat diperolah dalam buah-buahan berwarna kuning atau merah, sayuran hijau, serta kacang-kacangan. Mengkonsumsi suplemen juga dalat membantu tubuh tetap sehat. Ayo tetap enerjik saat berpuasa dengan mengikuti beberapa anjuran diatas!

 

 

Sumber: hdindonesia

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel