98 Selasa, 08 Juli 2014 | 09:56:13

Mencuri Waktu Tidur Sejenak di Saat Jam Kerja, Why Not?

mencuri-waktu-tidur-sejenak-di-saat-jam-kerja-why-notkaumhawa

Di bulan puasa, pekerja kantoran sering diserang rasa kantuk yang hebat pada jam-jam 13.00-15.00 dikarenakan sahur yang memangkas waktu tidur kita. Saat kita tidak berpuasa, rasa kantuk juga sering melanda dikarenakan rasa kenyang usai menyantap makan siang. Saat merasa ngantuk, pergilah ke tempat tenang untuk tidur sebentar.

Walaupun Anda dalam jam kerja, tidak ada salahnya untuk tidur siang sebentar saja. Tidak perlu waktu yang lama, cukup 20 menit untuk memejamkan mata seperti yang dikatakan dalam mens health (1/7/2014).

"Tidur siang dapat mengurangi tingkat kelelahan, meningkatkan proses belajar serta meningkatkan koordinasi tubuh,"ujar Michael A. Grandner, Ph.D, instruktur dan anggota Center for Sleep and Circadian Neurobiology di the Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat.

Bukan karena mengikuti rasa malas, tetapi tidur siang juga berguna untuk tubuh kita, diantaranya:

-Meningkatkan daya ingat

Setelah tidur siang, tubuh menjadi lebih mudah menyerap informasi yang ada di sekitar, mempelajari sesuatu, dan mengignat sesuatu. Hal tersebut telah dibuktikan dalam studi di Northwestern University pada tahun 2012 dan UC Berkeley menambahkan, tidur siang selama 20 menit berfungsi menyiapkan otak agar kebih cepat menyerap seta mengingat data dan informasi baru yang diterima.

-Mengurangi stress

Tidur sebentar berfungsi membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi stress. Hal ini telah dibuktikan dalam beberapa studi, diantaranya oleh Allegheny College di Pennsylvania, murid yang mengerjakan tes matematika setelah tidur siang memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada murid yang tidak tidur siang.

-Menurunkan berat badan

Jika konsisten tidur siang akan meyebabkan dampak positif pada hormon ghrelin dan leptin bekerja, hal tersebut diungkapkan oleh penulis The Sleep Doctor’s Diet Loose. Keseimbangan kedua hormone tersebut dapat membantu anda mengontrol pola makan Anda.

 

 

Sumber: health liputan 6

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel