61 Senin, 07 Juli 2014 | 03:54:36

Mata Sehat Meski Bekerja Depan Komputer

mata-sehat-meski-bekerja-depan-komputerTimes Wellness

Di era yang serba modern ini, tidak dapat dipungkiri jika komputer merupakan salah satu dari sekian banyak teknologi yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Masyarakat dari segala golongan umumnya sudah terbiasa dengan penggunaan komputer, baik untuk belajar, main game, atau bekerja. Namun, terlalu lama berada di depan komputer, tidak hanya membuat tumbuh anda lelah karena posisi duduk yang terlalu lama, namun juga berbahaya untuk kesehatan mata anda.

Gangguan-gangguan lain yang dapat disebabkan oleh penggunaan komputer yang lama adalah sakit kepala, sakit leher, dan bahu yang pegal-pegal. Jika pekerjaan anda sehari-hari membutuhkan komputer, ada baiknya anda simak tips berikut ini agar mata anda tetap sehat walaupun berada di depan layar terlalu lama.

Cahaya
Untuk mengurangi ketidaknyamanan dalam jangka waktu panjang saat mata tertuju ke layar, anda dapat menyiasatinya dengan cara mengurangi cahaya pada layar. Dengan begini mata anda tidak akan cepat lelah dan sakit.

Screen portector
Karena layar komputer memantulkan sinar radiasi yang berbahaya untuk mata anda, gunakan screen protector. Dengan begini anda akan terhindar dari penyakit rata akibat efek radiasi komputer.

Jarak
Sama seperti membaca buku, layar juga memiliki jarak idea agar tidak merusak mata. Jarak yang pas adalah 45 cm. Terlalu dekat dengan layar akan menambah potensi rusaknya mata anda.

Istirahat
Memang, pekerjaan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kadang, saking konsentrasinya kita terhadap pekerjaan anda di layar komputer, mata yang seharusnya mengedip setiap 18 kali, menjadi lebih lama jarak kedipannya. Setiap dua jam sekali, usahakan untuk mengistirahatkan mata anda paling tidak selama 5 menit.

Lihat sekeliling
Saat anda mengistirahatkan mata anda, jelajahilah sekeliling anda dan jauhkan pandangan anda dari layar monitor. Dengan begini, mata anda dapat beristirahat dengan optimal.

Konsumsi buah dan sayur
Mata, sama halnya seperti bagian tubuh kita yang lain, memerlukan asupan vitamin agar tetap sehat. Buah-buahan dengan kandungan vitamin A yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi buah yang baik untuk kesehatan mata, seperti wortel.

Tes mata secara rutin.
Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata anda, sebaiknya anda memeriksakannya ke dokter spesialis mata setiap 3 bulan sekali. Dengan begini, jika ada keluhan pada mata, anda akan segera mendapat penanganan.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber: Alami Ilmiah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel