63 Jum'at, 04 Juli 2014 | 01:09:10

Jaga Kesehataan Selama Musim Pancaroba

jaga-kesehataan-selama-musim-pancarobaWblog In

Pernahkan anda menyadari bahwa saat matahari sedang terik-teriknya, tiba-tiba langit menjadi mendung dan turun hujan lebat, lengkap dengan angin kencang? Cuaca dengan perubahan yang ekstrim ini akhir-akhir ini banyak terjadi di beberapa daerah.

Ini merupakan tanda-tanda bahwa kita tengah memasuki musim pancaroba. Musim pancaroba merupakan musim peralihan, bisa dari musim panas ke hujan, atau musim hujan ke panas. Musim ini ditandai dengan sinar matahari yang terasa begitu menyengat dan hujan dengan intensitas tinggi yang turun, yang semuanya terjadi di hari yang sama.

Selama musim pancaroba seperti ini, tubuh manusia cenderung sulit untuk mengatur dan menyesuaikan diri dengan suhu yang berubah-ubah secara drastis. Itulah mengapa sistem imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh kita seringkali longgar sehingga kita mudah terserang penyakit. Ini adalah saat-saat dimana daya tahan tubuh kita akan diuji.

Gangguan kesehatan yang umum muncul selama musim pancaroba adalah batu, pilek, demam, dan masuk angin. Meskipun terdengar seperti penyakit-penyakit sepele, gangguan tersebut di atas sangat menganggu aktifitas harian anda. Berikut ini beberapa tips yang anda dapat lakukan untuk menghindari terserang penyakit selama musim pancaroba.

Jaga kebersihan
Lingkungan yang bersih akan terhindar dari bibit-bibit penyakit. Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan, mulailah dari hal-hal yang kecil seperti mencuci tangan sebelum makan, mandi,  membersihkan sampah-sampah yang berserakan, dan lain-lain.

Cukup istirahat
Tidur dapat membantu anda untuk mengistirahatkan otak anda setelah beraktifitas seharian penuh. Dengan beristirahat, regenerasi sel-sel di dalam tubuh juga akan lebih mudah diproses dan stamina anda untuk beratifitas keesokan harinya akan pulih kembali. Beristirahatlah dengan cukup minimal 6 jam sehari dan hindari bergadang hingga larut malam.

Minum vitamin
Vitamin C terkenal dengan kasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain harganya yang cukup murah, vitamin C juga mudah untuk dijumpai di apotek-apotek dan toko-toko.

Banyak minum
Dengan meminum air putih minimal 2 liter perhari, keseimbangan cairan atau air di dalam tubuh kita akan terjaga. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, penyakit ini dapat berujung ke sakit kepala, pusing, lesu, dan letih. Biasakan untuk meletakkan persediaan minuman di tempat-tempat yang mudah dijangkau. Jika anda sering berpergian, biasakan untuk selalu membawa minuman di dalam tas.

Olahraga
Selain menjaga tubuh tetap bugar, olahraga juga dapat meningkatkan aliran daerah ke setiap organ tubuh yang memerlukannya. Sebaiknya, olahraga dilakukan setiap hari, meskipun hanya dalam waktu beberapa menit. Anda dapat melakukannya dengan berjalan kaki, bersepeda, ataupun jogging.

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel