155 Selasa, 01 Juli 2014 | 01:41:19

Efek Buruk Gadget pada Anak Usia Dini

efek-buruk-gadget-pada-anak-usia-diniRelevant Children's Ministry

Memang, teknologi merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian kita, karena merupakan salah satu hal yang memudahkan aktifitas kita. Baik itu telepon genggam, laptop, maupun jaringan internet. Seiring dengan berkembangnya jaman, anak-anak yang bahkan masih di usia dini, sudah tidak lagi asing dengan yang namanya teknologi. Di usia mereka yang masih sangat muda, teknologi dapat dengan mudah membentuk pribadi mereka. Namun tahukah anda, jika teknologi, selain memiliki banyak manfaat, juga memiliki dampak buruk untuk si Kecil? Apalagi jika pengenalannya yang terlalu dini. Sebagai orang tua, anda pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anak dan keluarga anda

Itulah mengapa anda harus selalu memperhatikan apa yang anda berikan kepada anak anda. Anda mungkin ingin agar anak anda tidak gaptek atau gagap teknologi, namun pengenalannya juga harus dilakukan di waktu yang tepat. Jika tidak, efeknya akan berpengaruh ke kehidupan mereka nantinya. Inilah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi kepada anak anda jika terlalu akrab dengan teknologi di usia yang terlalu dini:

 

Dewasa sebelum saatnya

Anak-anak kecil yang terlalu cepat mengenal teknologi akan menjadi lebih cepat dewasa. Seperti maraknya kasus anak-anak usia 8-10 tahun yang lebih tertarik ke konten-konten dewasa di sosial media. Anak-anak bisa kehilangan kepolosan dan menjelajah banyak hal diluar pengertian mereka, terutama dengan akses yang begitu mudah. Sekedar tips untuk anda, awasi terus pemakaian internet anak anda. Sebisa mungkin jangan biarkan mereka memiliki akun di jejaring sosial sendiri sampai umur tertentu yang dirasa sudah siap.

 

Malas

Teknologi memang memudahkan kita, namun jangan sampai ini membuat anak anda menjadi malas. Lazimnya, anak-anak seharusnya bermain-main dengan gembira di luar rumah, menikmati matahari, dan mengenal lingkungannya. Pengenalan teknologi yang terlalu dini dapat menyebabkan anak anda malas keluar rumah dan memilih untuk menghabiskan waktu di sofa bermain video games. Ini akan membuat anak Anda kehilangan kontak dengan teman mereka yang nantinya akan berpengaruh di kehidupan sosialnya.

 

Mengenal kekerasan

Banyak jenis video games yang menunjukkan adegan kekerasan. Hal ini tidak dapat diremehkan karena anak Anda bisa belajar meniru dan mempraktekannya di kehidupan sehari-hari. Anak anda juga akan merasa bahwa kekerasan adalah hal lumrah yang terjadi di kehidupannya. Untuk itu, anda harus terus mengawasi anak anda saat bermain video games. Jangan lupa memberikan nasehat bahwa kekerasan tersebut tidak nyata dan akan menjadi hal buruk jika dilakukan di dunia nyata.

 

Pilih waktu yang tepat

Selalu ada waktu yang tepat untuk semua hal, begitu juga dengan memperkenalkan si kecil ke teknologi. Teknologi mungkin memang perlu, tapi jangan sampai ini membuat anak anda anti-social nantinya. Ajak dia bermain di luar rumah dan belajar banyak hal lain, jangan biasakan anak anda menghabiskan waktu bersama gadgetnya.

Tapi lantas jangan berpikir bahwa teknologi merupakan sesuatu yang buruk. Dengan pengawasan yang tepat dan keseimbangan yang pas, teknologi akan membantu meningkatkan kecerdasan dan pola berpikir anak anda.

 

Sumber: Vemale

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel