70 Senin, 30 Juni 2014 | 01:10:20

Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan

manfaat-berpuasa-bagi-kesehatanPhila Bundance

Akhirnya bulan puasa datang juga! Umat muslim di seluruh dunia menahan lapar dari mulai shubuh hingga maghrib tiba. Selain untuk alasan agama, ternyata berpuasa juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan tubuh, loh. Yuk, kita simak apa saja manfaat dari berpuasa!

Turunkan Kolesterol
Ketika kita berpuasa, badan kita tidak memperoleh sumber makanan yang biasa kita dapat sehari-hari. Hal ini akan mengalihkan pengambilan sumber energi tubuh yang tadinya diambil dari glukosa, menjadi menggunakan lemak. Pembakaran lemak tubuh akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh.

Turunkan Berat Badan
Tidak hanya berguna untuk mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah bagi penderita diabetes, berpuasa juga terbukti sebagai cara yang efektif untuk membakar lemak tubuh. Jika lemak di dalam tubuh terbakar, maka berat badan akan menurun, diiringi dengan tekanan darah dan kadar gula pada tubuh.

Buang Racun Tubuh
Dengan terbakarnya lemak di dalam tubuh, maka kandungan zat-zat buangan atau racun yang ada di dalam lemak juga akan terurai dan ikut terbuang dari tubuh.

Tingkatkan Konsentrasi
Setelah berpuasa selama beberapa hari, produksi hormone endorphin dalam tubuh akan meningkat. Hormin inilah yang membuat kita merasa nyaman dan memberikan efek peningkatan ketajaman pikiran.
 
Namun, sebanyak apapun manfaat yang kita dapat dari puasa, semuanya tidak akan terjadi jika pola makan kita saat sahur dan berbuka berantakan dan komposisinya tidak seimbang. Keseimbangan karbohidrat, protein, dan lemak harus diperhatikan selama berpuasa. Jika anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan saat saur dan berbuka dengan makanan dengan kandungan lemak dan kalori yang tinggi, maka puasa anda bisa dibilang sia-sia.
Saat sahur, pilihlah makanan yang padat, mengenyangkan, cukup untuk memberikan tubuh kita energi sampai berbuka, namun tidak memiliki kandungan lemak yang tinggi. Sementara saat buka, berbukalah dengan cairan dan makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah untuk mengurangi rasa lapar. Dengan begini anda tidak akan makan terlalu banyak saat berbuka. Setelah 30-60 menit waktu berbuka, anda dapat mengkonsumsi makanan normal seperti nasi dan lauk-pauknya. Dengan cara yang benar, puasa tidak hanya menyehatkan rohani, tetapi juga menyehatkan jasmani.


Sumber: Klik Dokter

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel