386 Rabu, 25 Juni 2014 | 11:28:46

Latih Kardiovaskular dengan Naik Turun Tangga

latih-kardiovaskular-dengan-naik-turun-tanggaActive Beer Geek

Sebelum anda memutuskan untuk membeli alat-alat olahraga yang harganya bias dibilang menggunung, coba lihat dulu perlatan sehari-hari anda di rumah yang bisa anda jadikan alat olahraga, tangga contohnya. Jika dirumah anda ada tangga, anda tidak perlu lagi repot-repot mengumpulkan uang untuk membeli alat-alat olahraga yang mahal, karena naik turun tangga merupakan cara yang baik untuk melatih kardiovaskular dan membakar kalori anda.


Cara ini memang sudah lama dikenal sebagai salah satu cara terampuh untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal dan sehat. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sports and Medicine tahun 2007 lalu, selama 30 menit naik turun tangga per minggu nya sudah dapat memberikan efek positif untuk jantung anda.


Penelitian lain yang dilansir di American College of Sports Medicine menyebutkan bahwa pada wanita dengan berat badan rata-rata 68 kg, 30 menit lari di tangga dapat membakar hingga 500 kalori. Jika waktu yang sama dihabiskan untuk berjalan di tangga, kalori yang terbuang sekitar 286 kalori. Angka tersebut setara dengan kalori yang terbuang dengan berjalan kaki dengan kecepatan 1,6 meter per detik selama 2 jam.
Fabio Comana, direktur edukasi kontinu National Academy of Sport Medicine menambahkan, "Melihat betapa melelahkannya lari di tangga, maka memadukannya dengan latihan sirkuit adalah yang terbaik," Menurutnya, perpaduan dua latihan tadi adalah latihan ketahanan yang terbaik. Berikut ini adalah cara yang telah dia jabarkan.


Sebelum latihan dimulai, baiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya cedera. Lakukan pemanasan ini dengan berjalan naik turun tangga selama tiga sampai lima menit dengan usaha yang sedang. Kemudian baru mulai masuk ke set latihan yang sebenarnya.
Comana menegaskan untuk tidak beristirahat di tengah-tengah set. “Anda dapat meluangkan waktu 1 menit di antara setiap set untuk beristirahat. Lakukan latihan sebanyak 3 set,” imbuhnya.


Latihan sebaiknya dimulai dengan lari cepat naik turun tangga selama 30 detik, ini dapat dilanjutkan dengan push up sebanyak 12 sampai 15 kali yang dilakukan dengan berdiri di dasar tangga dan letakkan tangan tangan di anak tangga yang sejajar dengan dada.


Untuk menguatkan otot-otot trisep, push up juga dapat dilakukan dengan cara terbalik. Duduklah di anak tangga nomer dua dan tempatkan tangan anda di anak tangga belakangnya. Hadapkan telapak tangan ke arah depan dan pastikan kaki tetap datar di tanah. Lakukan push up terbalik ini sebanyak 12 sampai 15 kali.
Selain itu, anda dapat menggunakan pegangan tangga untuk menguatkan otot-otot di tangan anda. Lakukan dengan cara bergelantungan dan berpegangan pada pegangan tangga anda, biarkan tubuh anda tergantung hingga Anda merasakan tarikan di tangan, lalu angkat badan anda ke atas (pull up). Lakukan ini sebanyak 12 sampai 15 kali.


Untuk penutup latihan, anda dapat melanjutkan untuk berjalan di tangga selama 3 sampai 6 menit dengan usaha sedang hingga berat. Pilihan lainnya adalah dengan memulai set terakhir dengan usaha yang berat, lalu akhiri dengan berjalan santai di tangga selama 60 detik. Selamat berolahraga!



Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel