235 Senin, 23 Juni 2014 | 11:24:44

Nyaman Mudik Bersama si Kecil

nyaman-mudik-bersama-si-kecilFlickr

Membawa si Kecil keluar rumah untuk jangka waktu yang lama kadang merepotkan karena anak-anak rentan lelah dan rewel. Kita sebagai orangtua perlu memilih cara-cara yang cermat agar si Kecil tak bosan selama perjalanan panjang saat mudik. Yuk, kita simak persiapan khusus mudik dengan si Kecil!

 

Kendaraan

Ada berbagai pilihan kendaraan yang dapat anda pilih untuk mudik ke kampung halaman bersama keluarga, masing-masing memiliki tingkat kenyamanan dan keamanan yang berbeda. Sebelumnya, pertimbangkan usia si Kecil saat hendak memilih salah satu dari beberapa pilihan kendaraan tadinya, terutama jika jarak yang ditempuh lumayan jauh.

Jika anda menggunakan bis umum, pilihlah yang jarak antar bangku nya lebar kaki dapat digerakkan dan berselonjor secara leluasa. Jika perjalanan yang ditempuh jauh, belilah kursi khusus balita agar si kecil bisa duduk sendiri sambil menikmati pemandangan.

Jika anda menggunakan pesawat, pastikan si Kecil mengemut permen untuk menghindari telinga yang sakit akibat tekanan udara yang berubah.

Jika anda menggunakan kereta api, belilah satu tiket lebih agar anak anda dapat duduk sendiri. Dengan begitu, anak anda dapat lebih nyaman beristirahat selama perjalanan berlangsung.

 

Baju Ganti

Siapkan baju ganti untuk di perjalanan sesuai dengan tempat yang akan dituju. Jika tempat tujuan bercuaca dingin, hendaknya anda siapkan jaket yang tebal, baju lengan panjang, dan kaus kaki agar tidak masuk angin. Sebaliknya, jika tempat tujuan anda bercuaca panas atau tropis seperti pantai, siapkan baju-baju yang berbahan adem dan menyerap keringat seperti katun atau kaus.

Selain untuk tempat tujuan, sediakan pula beberapa potong baju cadangan untuk berjaga-jaga apabila si Kecil mual dalam perjalanan dan muntah. Selain itu, siapkan juga untuk berjaga-jaga jika makanan atau minumannya tumpab ke baju. Sediakan pula handuk kecil untuk bebersih dan simpanlah semuanya ditempat yang mudah untuk dijangkau.

 

Makanan

Siapkab bekal makanan si Kecil dari rumah. Jangan mengandalkan beli makanan di jalan, karena kemungkinan terburuknya adalah anda tidak dapat menemukan restoran yang menjual makanan-makanan yang bisa dikonsumsi oleh anak anda. Jika anak lapar, ia akan menjadi sangat mudah rewel. Begitu juga jika haus. Jadi siapkan cemilan kesukaannya dan minuman favoritnya didekat anda.

Tidak perlu yang repot, pilihlah menu praktis dan sehat yang mudah untuk dibawa-bawa. Makanan yang mudah disiapkan dan dibawa dalam perjalanan jauh antara lain arem-arem, kroket kentang, dan makaroni schootel. Cukup mengeyangkan dan bergizi serta mudah untuk dikonsumsi di perjalanan. Cemilan lainnya seperti buah-buahan juga perlu untuk dibawa. Selain sehat dan mengandung banyak vitamin, buat potong dalam kemasan atau buah lainnya seperti jeruk, pisang, dan anggur juga tidak repot untuk dikonsumsi di perjalanan.

Jangan lupa tisu basah untuk membersihkan kotoran-kotoran lengket di tangan bekas makanan-makanan tadi. Tissue ini juga dapat digunakan untuk membersihkan tubuh si Kecil saat kegerahan. Pilihlah jenis tissue basah yang tidak mengandung aklohol agar lebih aman untuk kulit anak anda.

 

Mainan

2-3 mainan cukup rasanya untuk mengurangi kebosanan si Kecil selama perjalanan. Pilihlah mainan yang berukuran tidak terlalu besar maupun terlalu kecil sehingga tidak repot dalam membawanya. Misalnya, boneka kain, buku cerirta, atau tablet kecil yang berisi permainan favoritnya dengan aneka gambar dan bunyi-bunyian yang lucu.

 

Obat-obatan

Kita tidak akan pernah tahu kondisi si Kecil nantinya setelah perjalanan yang panjang. Tetapi ada baiknya jika kita “menyediakan payung sebelum hujan”. Bawalah obat-obatan penting seperti penurun panas, obat batuk, obat pilek, oralit, kayu putih, betadine, kapas, alkohol cair atau alkohol kertas, obat untuk mengurangi lebam atau bengkak, serta obat antimabuk perjalanan. Simpan obat-obatan dalam tempat khusus yang terpisah dari benda lainnya.

Pisahkan minyak telon atau kayu putih di tempat yang mudah untuk dijangkau sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk membongkarnya saat di tengah perjalanan. Jika anda menggunakan kendaraan umum, simpan minyak-minyakan tersebut dilaci terdepan tas tangan anda. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat menyimpannya di laci depan kursi penumpang. Jangan lupa juga untuk siapkan plastic untuk berjaga-jaga jika si Kecil muntah di perjalanan.

 

Aktifitas di Perjalanan

Cobalah untuk mengajak anda anda bernyanyi bercerita, main tebak-tebakan, atau berhitung bersama selama perjalanan agar si Kecil tidak bosan dan rewel. Variasikan kegiatan anda agar perjalanan lebih menyenangkan. Anda juga dapat mengajak anda anda untuk mengamati benda-benda yang anda lewati selama perjalanan, seperti mobil yang warna-warni, bendera di tepi jalan raya, lampu-lampu jalan raya, patung hias, dan lain sebagainya.

 

Tiba di Tujuan

Saat telah tiba di tempat tujuan, biarkan anak anda beradaptasi dengan lingkungan dan damping si Kecil saat hendak berkenalan dengan keluarga yang dikunjungi. Temani ia selama beberapa saat dan jangan langsung meninggalkannya sendirian untuk bersilaturahmi. Anak-anak butuh beberapa saat sampai ia merasa nyaman dengan lingkungan yang baru, apalagi jika umurnya masih sangat kecil. Dengan begini, si Kecil akan menjadi lebih nyaman dan percaya diri.

 

Selamat bersiap-siap mudik!

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel