148 Sabtu, 21 Juni 2014 | 03:04:04

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

tanaman-hias-pengusir-nyamukIMG Fave

Kehadiran hewan parasit seperti nyamuk di rumah anda, tidak bisa dianggap enteng. Nyamuk dapat menyebabkan berbagai penyakit mengerikan yang tidak jarang berujung kematian, seperti demam berdarah, cikunya, dan malaria.

Untuk anda yang mungkin belum tahu, banyak loh tanaman hias yang selain bentuknya yang indah, baunya sangat dibenci oleh nyamuk. Mau tahu apa saja? Simak ulasan berikut!

1. Geranium
Mungkin beberapa dari anda mengenalnya dengan nama Tapak Dara. Ya, tanaman hias yang sedang popular ini mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Dua zat tadi merupakan zat yang sangat mudah terbang memenuhi udara. Cukup tanam geranium di dalam pot atau langsung di tanah dan tempatkan di tempat yang sering terkena angin, dan nyamuk akan langsung kabur mencium aromanya!

2. Zodia
Tanaman asal Papua ini sudah lama digunakan oleh orang-orang di Papua untuk menghindari gigitan nyamuk saat masuk ke hutan dengan cara menggosok-gosokan tubuh mereka dengan daun ini. Zodia juga memiliki zat yang membuat nyamuk ingin jauh-jauh ketika menciumnya, yaitu Evodiamine dan Rutaecarpine. Sama seperti geranium, baiknya zodiac ditanam ditempat yang banyak terkena angin agar baunya dapat dengan cepat menyebar ke seluruh ruangan.

3. Serai wangi
Meskipun lebih akrab dan kerab digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata serai memiliki zat geraniol dan sitronelal yang tidak disukai nyamuk. Cukup tanam serai di pekarangan rumah anda, tidak hanya bebas dari nyamuk, mengambil bumbu masakan pun jadi tidak perlu repot pergi ke pasar!

4. Akar Wangi
Akar wangi memiliki bau menyengat yang tidak disukai oleh nyamuk jenis Aedes Aegypti, nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Tanam di akar rumah anda dan rasakan manfaat kesehatannya.

5. Lavender
Lavender popular digunakan sebagai bahan obat semprot sampai bahan lotion anti nyamuk. Bunganya yang berwarna ungu mengandung zat linalool dan lynalul acetate yang sangat dibenci oleh nyamuk. Cukup tanam di dalam pot atau tanah, dibiarkan atau digosok-gosokan ke kulit, nyamuk akan kabur, dan ruangan anda akan menjadi harum.

6. Rosemary
Baunya sangat mirip dengan aroma minyak kayu putih. Bebauan seperti ini tidak disukai oleh nyamuk karena dpaat mengganggu penciumannya. Dapat ditanam di dalam pot dekat jendela, pekarangan, atau petik daunnya dan gosokkan ke kulit anda dan sekeluarga.

7. Kecombrang
Kecombrang atau kantan, atau honje, adalah jenis tumbuhan rempah yang berbentuk terna dan buah, bunga, serta bijinya dapat dimanfaatkan untuk bahan sayuran. Tidak hanya bermanfaat di bidang kuliner, tanaman ini juga bermanfaat di bidang kesehatan karena memiliki kandungan yang dapat mengusir nyamuk.
 
8. Citrosa Mosquito
Citrosa Mosquito berasal dari Belanda dan mengeluarkan aroma lemon yang sangat kuat. Selain dibenci oleh nyamuk dan member banyak manfaat kesehatan untuk anda sekeluarga, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Rumah anda menjadi segar dengan aroma lemon, dan keluarga anda akan bebas dari penyakit mengerikan dari nyamuk-nyamuk yang nakal!


Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel