142 Senin, 16 Juni 2014 | 11:55:09

Hemat Energi di Kamar Mandi

hemat-energi-di-kamar-mandi

Di tengah kondisi global yang memburuk, banyak kejadian-kejadian alam yang mengancam kehidupan manusia. Hal itu tentu saja disebabkan karena aktivitas di bumi yang tidak berpihak pada lingkungan. Setidaknya kita perlu mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan demi masa depan. Sekarang ini banyak tindakan yang dilakukan atas dasar kesadaran manusia untuk menjaga bumi di masa depan.


Hal terkecil yang bisa Anda laukan untuk menjaga bumi adalah menghemat energi dan air. Penggunanan air dalam jumlah banyak berasal dari kamar mandi. Kali ini Anda bisa ikut berkontribusi menjaga bumi dengan menghemat energi serta air melalui kamar mandi Anda. Berikut tipsnya:


Hemat Air dengan Shower
Jika Anda ingin ikut berperan untuk menjaga bumi, Anda perlu menghemat air dalam setiap pemakaiannya. Janganlah terlalu boros apalagi saat mandi. Penggunaan gayung saat mandi merupakan hal yang cukup berperan dalam pemborosan air. Agar Anda bisa menghemat debit air, Anda bisa memaksimalkan fungsi shower di kamar mandi Anda.  Karena dengan shower, Anda bisa mengatur besar kecilnya semburan air yang dikeluarkan.
Selain penggunaan shower saat membilas tubuh, kini banyak diciptakan produk toilet yang intensitas airnya bisa disesuaikan. Hal ini tentu menjadi teknologi yang berperan dalam menghemat energi dan air.


Memaksimalkan Cahaya
Seringnya penggunaan lampu yang terdapat pada kamar mandi bisa menjadi penyumbang global warming yang tinggi. Menghemat lampu berarti menghemat energi atau ramah lingkungan. Gunakan jendela dengan bukaan yang cukup untuk kamar mandi Anda agar cahaya matahari bisa leluasa masuk ke dalam. Setidaknya bisa menghemat energi dalam penggunaan lampu serta baik untuk kesehatan.


Menghemat Penggunaan Listrik
Selain penggunaan lampu yang berlebih, pemanas air dengan tenaga gas atau listrik juga bukan program ramah lingkungan yang bisa menjaga bumi. Ada baiknya Anda menggunakan pemanas air bertenaga surya demi menjaga kelestarian alam. Walaupun harganya agak mahal, setidaknya investasi ini akan lebih murah daripada harus membayar listrik dengan biaya besar setiap bulannya.


Sumber: Blog Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel