77 Sabtu, 07 Juni 2014 | 12:35:51

Cara Pilih Kostan yang Tepat

cara-pilih-kostan-yang-tepatTumblr

Menimba ilmu di kota atau negeri tetangga memang menyenangkan, anda akan mendapat banyak wawasan dan kenalan baru. Walaupun begitu, ada “harga” yang harus dibayar jika anda menimba ilmu jauh dari rumah, yaitu waktu bersama keluarga. Anda tidak mungkin setiap hari pulang-pergi kerumah, kan?

Dengan begitu, menyewa kamar kost adalah suatu kebutuhan wajib, terutama kamar kost yang dapat membuat anda nyaman dan tidak homesick. Di era teknologi modern seperti sekarang, mudah saja untuk anda mencari tempat kost yang sesuai lewat internet.

Beberapa tahun terakhir bahkan banyak website yang menyajikan informasi lengkap tentang kamar kost, lingkungan sekitar, dan fasilitasnya. Harganya pun bervariasi tergantung dengan lokasi dan fasilitas yang didadapat.

Tapi ada baiknya sebelum anda memutuskan untuk menyewa kamar kost berdasarkan informasi yang anda dapat dari internet, anda mempertimbangkan juga hal-hal berikut:

 

1. Lokasi

Semakin dekat lokasi kostan anda dengan tempat kuliah anda, akan semakin mudah anda dalam menjalani aktifitas harian anda, karena waktu yang anda gunakan untuk menempuh perjalanan pulang-pergi kostan-kampus juga dapat dihemat.

Apalagi jika anda dapat mencapai tempat tujuan hanya dengan berjalan kaki atau naik kendaraan umum tidak lebih dari 1 kali. Selain waktu, biaya juga akan terhemat.

 

2. Fasilitas

Di beberapa lokasi di ibukota, banyak rumah kost yang memberikan fasilitas layaknya hotel berbintang, seperti AC, laundry, TV, bahkan akses internet tanpa kabel (wifi). Pertimbangkan dana dan kebutuhan anda, karena fasilitas yang anda dapat umumnya juga akan sebanding dengan harga yang harus anda keluarkan untuk biaya sewa.

 

3. Dana

Masih dari poin sebelumnya, pertimbangkan dan sesuaikan dana anda dengan kamar kost yang akan anda pilih. Karena biar bagaimanapun, pasti ada harga, ada rupa.

 

4. Kondisi

Sebelum memutuskan untuk menyewa, pastikan anda telah melakukan survei lokasi dengan cara datang langsung. Jangan langsung terkesan dengan informasi yang dibeberkan di internet. Ada kalanya foto yang dipajang tidak tampak sama ketika dilihat aslinya. Ingat, prinsip konsumen yang baik adalah teliti sebelum membeli, bahkan untuk sewa sebuah kamar kos tsekalipun.

 

5. Lingkungan

Pelajari dengan cerman lingkungan sekitar rumah kost yang akan anda sewa, apakah lingkungannya bersih atau kotor? Apakah dekat dengan fasilitas umum seperti pasar swalayan atau klinik? Apakah lingkungannya terlihat aman dari kejahatan seperti pencurian?

 

6. Tipe

Yang dimaksud tipe disini bukanlah tipe kamar, tetapi tipe rumah kostnya, apakah joint (campur laki-laki perempuan), khusus laki-laki, atau khusus perempuan saja? Pemilihan tipe rumah kost juga akan sangat mempengaruhi keseharian anda nantinya. Siapkah anda berbagi lingkungan dengan orang-orang yang tidak anda kenal dengan jenis kelamin yang berbeda pula? Pertimbangkan secara matang-matang.

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel