109 Jum'at, 06 Juni 2014 | 01:12:01

Hindari Jadi Coach Potato Saat Liburan!

hindari-jadi-coach-potato-saat-liburanSteven Fox

Musim liburan sebentar lagi tiba, dan biasanya jika tidak ada rencana ke luar kota atau negeri, musim liburan akan habis dirumah bersama keluarga anda. Dirumah tentunya tidak banyak pilihan untuk menhabiskan sisa liburan anda selain duduk di sofa dan menonton TV. Rasanya aktifitas hanya itu-itu saja, tapi kok berat badan mulai naik yah?


Menurut survey, kebanyakan penduduk kota yang gemar menonton TV, juga gemar mengemil. Coba perhatikan, apakah anda termasuk salah satu dari penduduk yang seperti itu? Jika iya, tidak usah heran jika berat badan anda bertambah. Karena pergerakan badan yang sedikit saat liburan dan asupan kalori yang tidak berhenti dari cemilan, otomatis lemak akan menumpuk. Lalu bagaimana cara menghindari menjadi Coach Potato selama liburan dirumah?
Tenang, Peluang Properti punya tips mudah untuk anda!

Hobi Nonton TV ≠ Coach Potato
Istilah Coach Potato digunakan di dalam bahasa Inggris untuk menyebut orang yang duduk menonton TV dalam jangka waktu yang sangat lama. Istilah ini terbentuk karena orang-orang tersebut umunya tidak banyak melakukan aktifitas, dan secara metafor, seperti teronggok layaknya kentang di atas sofa. Tapi hobi nonton TV bukan berarti anda seorang Coach Potato loh. Apa sih yang harus anda lakukan? Mudah saja!

Mute TV Anda Saat Iklan
Sebuah penelitian selama 5 tahun pada anak-anak menunjukkan bahwa semakin banyak iklan TV yang mereka tonton, semakin banyak kenaikan berat badannya. Tapi itu tidak terjadi pada anak yang menonton film di TV tapi tidak menonton iklannya, berat badan mereka lebih sehat dari kelompok anak yang menonton acara TV sekaligus iklannya. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang dewasa makan cemilan lebih banyak setelah melihat iklan makanan di TV. Kok bisa?
Ternyata efek psikologis dari iklan-iklan makanan yang ada di TV mampu membangkitkan seleran makan penonton. Maka dari itu, kecilkan atau bahkan mute suara TV anda ketika iklan sedang berlangsung. Jika trik tersebut masih dirasa kurang ampuh, matikan TV anda, dan tonton DVD kesukaan anda.

Olahraga Sambil Menonton TV
Usahakan untuk tetap menggerakkan tubuh anda saat menonton TV. Gelarlah matras didepan TV dan lakukan pemanasan atau latihan ringan sebelum memulai. Untuk lebih praktis lagi, gunakan kursi pendek (dingklik) untuk berjalan di tempat naik dan turun. Gerakan seperti naik turun tangga ini ampuh untuk membakar lemak di daerah paha dan bokong anda, tempat dimana lemak biasanya banyak berkumpul. Untuk lebih maksimal, gunakan jeda iklan anda untuk berjalan-jalan di sekeliling halaman rumah anda.
Tidak harus di atas sofa, anda dapat “hijrah” duduk di atas gym ball dan lakukan beberapa latihan. Tidak hanya drama TV kesayangan anda yang tidak terlewatkan, anda juga dapat mengencangkan otot anda sembari menonton. Jika anda tidak memiliki gym ball, duduklah menyandar ke dinding tanpa kursi sebagai alternatif untuk lakukan wall sit. Pastikan terbentuk sudut 900 antara paha dan betis Anda. Kunci perut Anda. Tahan gerakan ini untuk 20-60 detik. Ulangi lagi. Gerakan ini akan melatih otot tubuh bagian bawah. Anda dapat melakukan ini sambil membawa dumbbell untuk menambah beban dan tingkat kesulitan latihan.

Cobalah Alternatif Lain!
Menghabiskan musim liburan dirumah tidak harus dengan menonton TV loh. Anda dapat menghabiskannya jalan-jalan ke tempat wisata terdekat, ke taman bermain, outbound, atau berenang bersama-sama. Jika tidak memungkinkan keluar rumah, masih banyak aktifitas yang mengasikkan dan pastinya tidak menyebabkan berat badan anda bertambah, seperti main lompat tali, atau sekedar main kejar-kejaran dengan si kecil. Selain membakar kalori, “kesibukkan” tersebut akan membuat anda lupa mengemil.
Ayo, jangan mau berubah jadi Coach Potato selama liburan dan mulai gaya hidup sehat. Selamat mencoba!


Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel