294 Sabtu, 31 Mei 2014 | 11:21:26

Kenali Prinsip Desain Interior dan Arsitektur

kenali-prinsip-desain-interior-dan-arsitektur

Dalam mendesain interior dan  arsitektur dari suatu bangunan, ada prinsip-prinsip yang harus selalu dijadikan acuan. Prinsip tersebut bukan hanya untuk keamanan dan kenyamanan bangunan tapi juga untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ulasannya.

1. Sequence (urutan)
Prinsip ini akan memudahkan orang lain dalam memahami maksud dan tujuan desain. Perubahan yang terjadi mengalir secara alami tanpa adanya kejutan yang tidak perlu merupakan patokan dari desain bangunan yang bagus.

2. Balance (keseimbangan)
Balance tidak selalu merancang interior menjadi bentuk yang simetris untuk membuatnya terlihat seimbang, asimetris juga dapat digunakan asalkan semua sudut ruangan terlihat sama, selaras, dan seimbang. Ini akan membuat kualitas desain yang tidak berat sebelah dan tampak seolah mempunyai porsi yang sama.

3. Unity (kesatuan)
Menciptakan bangunan sesuai dengan konsep yang diusung merupakan maksud dari prinsip ini. Untuk itu diperlukan usaha untuk menyatukan semua unsure desain untuk ini saling mendukung dan melengkapi sehingga membentuk satu bidang desain yang sempurna dan tidak berlebihan.  

4. Purpose (perbandingan)
Disarankan perbandingan ukuran seperti besar, sedang, dan kecil harus bersifat wajar serta mengacu pada aspek rasional dan tidak dipaksakan.

5. Rhythm
Urutan berhubungan erat dengan prinsip ini. Perasaan seseorang menjadi tujuan dari prinsip ini. Umumnya urutan yang memiliki pola yang bagus, maka akan menghasilkan irama yang bagus juga.

6. Scale (skala)
Faktor kenyamanan menjadi faktor lain selain faktor keindahan dalam membuat desain. Ini karena hunian dibuat untuk keperluan hidup manusia. Skala bukan hanya suatu sistem pengukuran, dalam bentuk sentimeter dan inchi, tapi juga tentang hubungan antara unsur dekorasi dengan manusia.

7. Point of Interest (tekanan)
Disebut juga titik fokus. Ini merupakan titik yang sangat dominan, sehingga unsur-unsur di sekitarnya harus disesuaikan secara harmonis. Disarankan untuk cermat merancang titik fokus karena akan menjadi titik yang sangat terlihat dalam ruangan.

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel