88 Sabtu, 10 Mei 2014 | 12:36:18

6 Hal Gila yang dilakukan pada Peliharaan

6-hal-gila-yang-dilakukan-pada-peliharaan

Pemilik binatang peliharaan seringkali menganggap binatang peliharaan mereka bukan sekedar binatang peliharaan saja, tapi sudah seperti anak sendiri. Walaupun kebiasaan ini datang dari rasa sayang yang mendalam dan kadang terlihat sangat manis, bukan berarti ini adalah kebiasaan yang bagus, loh.

Amy Pike, seorang dokter hewan dari St, Louis, dan Kate Perry, seorang pelatih anjing dari New York, merasakan betul bagaimana kebiasaan-kebiasaan tadi dapat sangat mempengaruhi peliharaan anda. “Sama halnya seperti anak-anak, binatang peliharaan juga perlu memiliki batasan-batasan dalam bersikap, dan para pemiliknya harus mampu untuk melatih mereka secara verbal tentang bagaimana mereka harus bersikap,” ujar Pike, “Kami sering mengingatkan klien kami kalau binatang peliharaan bukanlah anak mereka karena mereka tidak dapat berbicara dan akan selalu membutuhkan kehadiran kita untuk merawat, memberi makan, dan melindungi mereka.”

Ajak Binatang Peliharaan Jalan-jalan dengan Kereta Bayi
Kita semua pasti pernah lihat, anjing atau kucing yang diajak jalan-jalan dengan kereta bayi. Menggemaskan atau konyol?
Kata pakar: Perry, yang telah menulis buku "Training for Both Ends of the Leash," mengatakan bahwa pasti ada alasan kuat mengapa para pemilik menggunakan kereta bayi. “Kereta bayi sangat membantu anjing-anjing yang tua dengan masalah pinggul atau tulang yang tidak dapat berjalan terlalu jauh tapi perlu pergi kesana kemari,” ujarnya, “Begitu juga dengan anak anjing belum bisa berjalan tapi perlu dengan segera dikenalkan dengan lingkungan sekitar, dengan begitu mereka dapat tetap berjalan-jalan tanpa perlu menapakkan kaki di tanah.”

Pemakaian Kostum
Binatang peliharaan, seperti manusia, perlu untuk bergerak bebas dengan sendirinya. Tapi saat perayaan Halloween datang, pemandangan binatang peliharaan didalam kostum-kostum aneh sangat sering terlihat, dan saat perayaan natal tiba, kostum-kostum tadi akan digantikan dengan sesuatu yang tidak terlihat lebih baik: tanduk dan hidung rusa.
Kata pakar: Pemakaian kostum sekali-kali tidaklah masalah, tetapi jika hal itu sering dilakukan, sudah pasti akan menimbulkan masalah. “Walaupun beberapa anjing senang dipakaikan kostum oleh majikannya, mereka tetap akan mengaharapkan majikannya untuk memastikan bahwa mereka akan baik-baik saja dan tetap dapat melakukan aktifitas mereka seperti biasa dengan beberapa latihan.” Ujar Pike.

Ajak Peliharaan Tidur Bersama
Tidak peduli kecil atau besar, beberapa pemilik binatang peliharaan membiarkan peliharaannya tidur bersama mereka saat malam, karena rasa saying yang mendalam.
Kata pakar: Ada banyak pendapat mengenai hal ini dari para pemilik dan pelatih, tapi ini semua tergantung dari kenyamanan anda dan binatang peliharaan anda. Jika anjing anda sering mengompol, sering lapar, dan sering mencakar atau haus akan perhatian, akan lebih baik jika anjing anda tidur didalam keranjang anjing di ruangan lain dirumah anda
Tapi jika anda tidak masalah dengan adanya hewan berbulu disebelah anda saat anda bangun pagi, dan tidak masalah berbagi kehangatan kasur anda saat malam hari, silahkan saja. Ini semua tergantung anda dan hewan peliharaan anda.

Berbicara dengan Peliharaan Anda
Kita semua pasti sadar kemampuan binatang peliharaan kita untuk mengerti apa yang kita perintahkan, dan para ilmuwan juga setuju bahwa binatang mampu untuk mempelajari bahasa manusia. Tapi untuk benar-benar mengobrol dengan peliharaan anda, apakah itu baik-baik saja? Expert's take: Banyak dokter hewan dan pelatih hewan yang akan bilang bahwa itu merupakan hal yang sangat wajar untuk berbicara dengan binatang peliharaan anda. Bahkan, menurut para ilmuwan, hal itu bisa menjadi terapi yang paling murah. Jadi ayo, lanjutkan obrolanmu, jangan malu-malu.

Beri Peliharaan Anda Hadiah
Baik untuk perayaan, hadiah ulang tahun, atau hadiah cuma-cuma, pemilik sering mencari cara untuk menunjukkan rasa sayangnya pada binatang peliharaan mereka dengan memberikan mereka hadiah.
Kata pakar: Menurut Pike, cara yang paling baik untuk menunjukkan rasa sayang kita adalah dengan menghabiskan waktu yang banyak dengan binatang peliharaan kita. Sama seperti dengan anak-anak, mainan yang banyak tidak cukup mewakili rasa sayang. Ingat, peliharaan anda tidak perlu dihadiahi sesuatu, kecuali jika ia telah melakukan sesuatu dan pantas untuk dihadiahi.

Makan Bersama di Meja Makan
Banyak keluarga yang makan bersama dengan binatang peliharaan mereka di meja makan.
Kata pakar: Pike dan Perry setuju bahwa kebiasaan yang satu ini perlu diubah, karena akan menimbulkan efek yang negatif untuk hewan peliharaan anda. Menurut Perry, “Memberi makan di meja makan mengajarkan perilaku yang tidak baik dari binatang peliharaan kita.” Beberapa makanan manusia bisa jadi sangat berbahaya bagi pencernaan mereka, walaupun ada beberapa dari makanan kita seperti daging, yoghurt, nasi dan brokoli yang bagus untuk mereka. Tapi sangat penting untuk memisahkan diri dari peliharaan anda saat jam makan bersama keluarga. Jika peliharaan anda merengek, anda dapat menguncinya di ruangan yang lain.

Binatang peliharaan sangat sering dianggap sebagai bagian dari keluarga dan terkadang justru menerima perilaku layaknya manusia. Kadang-kadang, kebiasaan ini tidak apa-apa, tetapi ada saatnya kebiasaan ini harus dirumah untuk kebaikan anda dan peliharaan anda.


Sumber: Care.com

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel