98 Kamis, 08 Mei 2014 | 01:52:27

Ajarkan Anak Tanggung Jawab Bersihkan Rumah Sedini Mungkin!

ajarkan-anak-tanggung-jawab-bersihkan-rumah-sedini-mungkin

Kebersihan rumah menjadi tanggung jawab semua penghuni didalamnya tanpa kecuali. Para orangtua harus mampu mengajarkan anak tentang tanggung jawab untuk membersihkan rumah. Selain untuk menumbuhkan rasa disiplin anak, cara ini juga dapat memringankan tugas Anda dalam menjaga kebersihan rumah.

Sebelum mengajarkan anak tentang pentingnya tanggung jawab akan kebersihan rumah, para orangtua harus memahami bahwa beda usia anak beda pula tanggung jawab yang diberikan. Berikut liputannya.

Usia Balita
Balita umumnya suka menirukan apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitarnya. Cara paling efektif untuk menumbuhkan tanggung jawab pada anak balita yaitu dengan memberi contoh membersihkan rumah dari para orangtua. Bila balita sering meilhat orangtuanya rajin membersihkan rumah, maka yang awalnya dilakukan hanya ikut-ikutan lama kelamaan akan terbiasa melakukannya.

Usia Sekolah
Anak yang sudah bersekolah dianggap jauh lebih mampu dibandingkan balita. Oleh karena itu perlu dibuatkan target dalam membersihkan rumah. Tak lupa berikan pujian bila anak sudah selesai melakukan tugasnya.

Usia Remaja
Usia ini merupakan usia dimana anak menjadi labil dalam emosi. Disarankan untuk memberi pendekatan persuasif. Bila perlu ajaklah anak untuk membeli perlengkapan kebersihan untuk area  pribadinya agar sesuai dengan kegemarannnya. Dengan begitu, diharapkan anak akan bersemangat untuk menjaga kebersihan.

Sumber : Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel