156 Kamis, 20 Maret 2014 | 09:29:21

Trik Mengatasi Jendela Janggal

trik-mengatasi-jendela-janggal

Jendela berukuran besar memang dianggap sebagai salah satu kelebihan sebuah rumah. Terutama, bagi rumah-rumah di daerah tropis. Namun, jendela tersebut juga bisa menimbulkan masalah. Simak ulasan berikut.

Masalah pertama yang bisa muncul adalah kemungkinan sulitnya menutup jendela berukuran besar dengan gorden. Padahal, tanpa penghalang, sinar matahari bisa masuk terlalu banyak ke dalam ruangan.

Jika sulit menggunakan gorden konvensional, pasang panel berupa lapisan tipis yang bisa dikendalikan dengan pengendali jarak jauh (remote control). Tidak peduli bagaimana pun bentuk jendela Anda, panel tipis ini bisa menutup jendela tersebut tanpa tampak janggal dari dalam ruangan. Selain panel otomatis ini, Anda juga bisa menggunakan panel lebih murah yang terbuat dari bambu.

Cara kedua adalah menutup jendela dengan menggunakan shutter atau penutup daun jendela. Cara ini relatif lebih mahal karena biasanya setiap shutter harus dipesan khusus, terutama untuk jendela-jendela dengan bentuk tidak biasa.

Cara ketiga untuk mengurangi jumlah sinar ultraviolet adalah memasang kaca film. Anda bisa memasang kaca film dengan kadar yang cukup gelap untuk mengurangi sinar matahari. Sementara, ada pula kaca film yang mampu mengurangi efek buruk sinar ultraviolet tanpa mengurangi cahaya ke dalam rumah.

Jika mungkin menggunakan gorden konvensional, namun Anda enggan membuat ruangan tampak "berat", gunakan saja vitrage. Cara ini membuat sinar matahari dari luar tetap bisa masuk ke dalam, meski jumlahnya lebih sedikit.

Masalah kedua yang bisa muncul dari adanya jendela berukuran besar adalah masalah privasi. Terutama, jika jendela tersebut berada di kamar mandi. Anda bisa menggunakan pelapis kaca bercorak yang membuat jendela menjadi tampak kabur.


Editor                : Hilda B Alexander
Sumber             : Kompas
Sumber Gambar : Houzz

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel