85 Rabu, 19 Maret 2014 | 11:35:54

Go Green Untuk Kamar Tidur Anda

go-green-untuk-kamar-tidur-anda

Green living alias gaya hidup hijau dapat diterapkan di manapun. Jika Anda belum mampu menerapkan gaya hidup ramah lingkungan di seluruh bagian rumah Anda, Anda dapat memulainya secara bertahap pada salah satu ruangan, misalnya di kamar tidur. Berikut adalah beberapa cara menciptakan kamar tidur yang ramah lingkungan.
 
1. Jika tempat tidur Anda terbuat dari kayu, pastikan kayu itu bersumber dari hutan yang dikelola dengan baik. Saat membelinya, tanyakan kepada penjualnya, dari mana kayu itu berasal dan bagaimana proses finishing-nya. Jangan membeli tempat tidur yang kayunya berasal dari hasil pembalakan liar, atau proses finishingnya menggunakan bahan kimia yang merusak lingkungan.
 
2. Kasur adalah bagian paling nyaman dari sebuah kamar tidur. Namun ketahuilah bahwa kapuk yang digunakan sebagai isi kasur kebanyakan terbuat dari bahan petrokimia yang tak dapat diperbaharui. Gunakanlah kasur organik, yakni kasur yang kapuknya diambil dari serat alam. Kasur kapuk alami lebih aman dari serangan kuman penyebab alergi, atau tungau dan debu, sehingga juga akan menjamin kesehatan Anda.
 
3. Selimut terbuat dari berbagai macam bahan tekstil. Bahan tekstil yang bagaimanakah yang ramah lingkungan? Tekstil alami adalah tekstil yang aman dan nyaman bagi kulit, serta tidak menimbulkan alergi. Selain itu, pewarna bahan yang digunakan dalam produksi tekstil bisa jadi mengandung unsur kimia berlebih. Gunakanlah serat kapas alami dan pastikan proses produksi tekstilnya juga tidak menghasilkan limbah perusak alam.
 
4. Sistem pencahayaan kamar tidur berhubungan dengan masalah efisiensi energi listrik. Lampu kamar tidur sebaiknya menggunakan lampu LED dan tidak perlu yang ber-watt besar. Gunakan lampu watt kecil yang cukup untuk kegiatan membaca saja. Pencahayaan alami dapat diakali dengan pemasangan cermin besar yang akan memantulkan sinar lampu. Anda juga tak perlu menggunakan lampu di siang hari. Agar kamar tidur tetap terang di siang hari, Anda dapat memasang atap transparan di beberapa sudut atap, agar sinar matahari dapat masuk. Cara ini akan mengurangi tagihan listrik rumahan.
 
5. Dinding sebaiknya dicat dengan cat yang juga ramah lingkungan. Jangan menggunakan cat yang mengandung racun. Ciri-ciri cat yang mengandung racun dapat Anda ketahui dari baunya. Cat berbahan dasar air memiliki bau yang tidak terlalu menyengat. Cat seperti ini pastilah rendah kadar VOC-nya. Sedangkan cat berbahan dasar minyak biasanya mengandung VOC dan baunya menyengat. Cermatlah dalam memilih produk cat.

 
Sumber : Rumahku

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel