51 Selasa, 18 Maret 2014 | 09:31:58

Kayu Permanis Rumah

kayu-permanis-rumah

Keindahan kayu bisa diaplikasikan sebagai lantai di area outdoor atau yang dikenal dengan nama deck. Kekuatan dan keindahan kayu selalu diminati untuk diaplikasikan di lantai, dinding, dan atap. Jika Anda ingin mengaplikasikannya di lantai, diperlukan ketahanan yang cukup kuat karena harus menopang benda mati, seperti furnitur dan live load seperti manusia dan segala mobilitasnya. Jika ingin diaplikasikan di area outdoor, ketahanan terhadap cuaca, juga harus diperhatikan.

“Deck yaitu lantai dengan permukaan rata yang dibangun di area outdoor. Letaknya dibuat lebih tinggi dari atas tanah asli dan biasanya terhubung dengan bangunan,” ujar arsitek lanskap Herlin wibowo.

Kayu selalu dipilih sebagai material yang umum digunakan dan selalu digunakan untuk alas decking. Dalam perancangan eksterior, material kayu merupakan alternatif setelah batu. Kayu dipilih karena unsur naturalnya yang lebih kuat. Kayu yang berasal dari hutan tropis terkenal dengan kekuatannya.

“Karena langsung bersentuhan dengan cuaca, sebaiknya gunakan kayu yang keras, berdaya abrasi tinggi, tahan asam, mudah dipaku, dan cukup kuat. Kayu yang biasanya digunakan untukdecking,yaitu bangkirai,” tambah Herlin.

Jenis kayu ulin dan damar laut pun bisa Anda jadikan pilihan. Material alternatif pun hadir untuk mengantisipasi penggunaan kayu berlebih, seperti material komposit vinyldan aluminium. Bentuk dan teksturnya dibuat menyerupai kayu agar tetap terlihat natural. Decking bisa Anda buat di berbagai tempat yang disukai. Mulai dari teras, selasar, hingga di tepi kolam renang. Deckingdi tengah taman juga dapat menggantikan fungsi gazebo.

“Kita dapat meletakkan furnitur di atasnya untuk menciptakan ruang santai di luar rumah. Pola deckingtidak harus dibuat garis. Kita bisa mengatur papannya secara diagonal atau membentuk pola geometris,” kata Herlin.

Lebih lanjut Herlin pun mengungkapkan, terdapat empat jenis decking. Pertama, ground level deck, yaitu decking yang dibangun langsung di atas permukaan tanah. Kedua, multilevel deck, yaitu deck dengan ketinggian permukaan bermacam-macam.

Deck jenis ini biasanya diaplikasikan di lahan berkontur. Ketiga, raised deck yang permukaannya ditinggikan dengan menggunakan kaki deck. Bisa dibilang hampir sama dengan konsep rumah panggung. Keempat, yaitu deck for sloping ground, deck yang diaplikasikan di tanah melandai.

Fungsinya untuk memperpanjang permukaan tanah tertinggi, seperti sistem fillatau uruk.

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel