137 Senin, 10 Maret 2014 | 04:18:03

Laundry Teknologi Koin Makin Diminati

laundry-teknologi-koin-makin-diminati

Aktivitas warga yang semakin padat menyebabkan mereka menyerahkan urusan cuci dan setrika pakaian kepada penyedia jasa laundry. Itulah yang menyebabkan pelaku bisnis ini tumbuh subur. Bahkan, ke depannya, masyarakat akan lebih memilih menggunakan mesin laundry berbasis teknologi koin. Salah satunya digagas oleh Rizal Matulatan, Direktur PT. MLC Indonesia, pengelola Laundrion Exspress Coin sekaligus distributor tunggal Maytag, mesin laundry berbasis tekhnologi koin buatan Amerika Serikat di Indonesia.

Menurutnya, sekarang industri laundry Indonesia sudah mengarah ke penggunaan mesin laundry dengan teknologi Vending Machine, yaitu mesin yang berfungsi secara otomatis dengan memasukkan koin atau flash card, atau credit card.

Karena, terang Rizal, laundry kiloan, kini semakin dirasa mengganggu privasi seseorang, Mengingat hal itulah, kini muncul inovasi laundry modern dengan sistem koin, di situ orang bisa datang dan mencuci sendiri dengan sistem koin.

“Mencuci sendiri pasti akan lebih yakin akan bisa menjaga privasi, sebab dengan model sewa, maka cucian tidakan akan tertukar, dan terjamin higienisnya, karena tidak tercampur dengan milik orang seperti model laundry kiloan,” kata pengusaha laundry Rizal Matulatan, Direktur PT MLC Indonesia, saat membuka outlet ke-60 Laundrion Exspress Coin, di Kalibata City Square Tower R, Blok GF KL03 dan 05, Jakarta Sabtu (8/2).                

Menurut Rizal, laundry koin merupakan cara modern, pelanggan bisa datang dan mencuci layaknya di negara-negara maju, santai tapi cepat selesai. Proses mencuci sampai pengeringan hanya memakan waktu satu jam saja. Proses pengeringan di dalam suhu 80 derajat C, sehingga pakaian benar-benar kering, dan kutu tungau pun mati.

Dikatakannya, bisnis laundry koin ini sangat menjanjikan, dan pihaknya membuka kesempatan siapa saja untuk membuka usaha jenis ini. Menurut dia, untuk 2014 ini, ditargetkan akan membuka 100 outlet lagi di seluruh Indonesia. Untuk mesin cuci merk Maytag dari Amerika, 1 unit seharga Rp 60 juta.[W-12]  

Sumber : Suara Pembaruan

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel