83 Selasa, 04 Maret 2014 | 03:09:20

Tata Sendiri Ruang Keluarga Anda

tata-sendiri-ruang-keluarga-anda

Ruang keluarga termasuk salah satu ruang di dalam rumah yang paling sering digunakan seluruh anggota keluarga. Uniknya, tidak semua orang merasa percaya diri ketika merancang pengaturan ruang ini. Ada lima pengaturan umum ruang keluarga. Setiap pengaturan akan memberikan efek tersendiri. Coba sesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda.

Pengaturan ruang keluarga pertama memiliki satu titik fokal di dalamnya. Di rumah-rumah orang Indonesia, umumnya televisi menjadi titik fokal dalam ruang keluarga. Sebenarnya, titik fokal bisa juga barang lain, seperti rak buku.

Atur tempat-tempat duduk agar mengarah ke titik fokal tersebut. Untuk mengadaptasi pengaturan ini, coba geser sofa atau menambahkan bantal di lantai. Agar semua anggota keluarga bisa menikmati sajian televisi, pastikan Anda saling berkomunikasi satu sama lain.

Pengaturan kedua menekankan pada percakapan. Biasanya, untuk keluarga-keluarga yang tidak lagi mementingkan siaran televisi dan lebih memedulikan kebersamaan, pengaturan seperti ini lebih cocok bagi mereka.

Kunci mengatur ruang keluarga dengan cara seperti ini adalah membuat lingkaran dari sofa dan kursi-kursi di ruang tamu. Pengaturan ini membuat semua anggota keluarga bisa saling bertatap muka dan berbincang. Selain itu, cocok pula bagi Anda yang suka mengadakan arisan atau pesta di rumah. Pastikan saja ada ruang untuk berjalan di belakang sofa, tujuannya agar ketika percakapan sedang terjadi, Anda tidak perlu menghalangi percakapan tersebut.

Pengaturan ketiga tampaknya cocok bagi Anda yang punya anak kecil. Dalam pengaturan ini, Anda bisa menyediakan "ruang" bermain anak yang dilapisi dengan karpet. Batasi ruang bermain dan area duduk dengan meja kopi. Sekilas, pengaturannya mirip dengan cara pengaturan ruang keluarga pertama. Hanya, ruang di antara meja kopi dan televisi bisa Anda isi dengan karpet.

Siapkan tempat untuk menyimpan mainan anak. Anda bisa menaruhnya dengan rapi di bawah meja kopi atau di sisi sofa.

Keempat, Anda juga bisa memfokuskan diri pada keseimbangan visual. Jadikan meja kopi sebagai titik pusat. Kemudian, letakkan sofa di kanan, kiri, serta kedua sisi lainnya.

Kelima, selain menyediakan keseimbangan visual, Anda juga bisa membuat ruang keluarga tampak simetris. Semakin simetris, mulai dari pengaturan sofa, karya seni, dan lampu, ruang keluarga tampil semakin formal. Kebalikannya, semakin tidak simetris, ruang terasa lebih kasual.

Editor    : Hilda B Alexander
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel