203 Selasa, 04 Maret 2014 | 01:04:47

3 Kunci Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

3-kunci-desain-rumah-minimalis-1-lantai

Apa rahasia desain rumah minimalis 1 lantai agar terlihat mempesona? Seperti kita tahu, konsep minimalis disukai oleh hampir semua orang di Indonesia. Ini karena gaya minimalis mampu menghasilkan rumah yang modern, mewah, namun tetap terjaga kesederhanaannya. Kebanyakan rumah di perkotaan mengusung gaya minimalis. Gaya ini terlihat simpel dan mudah dalam perawatannya. Cocok dengan gaya hidup masyarakat kota yang selalu dikejar-kejar waktu. Maka tak heran, ada yang menganggap desain minimalis identik dengan rumah perkotaan.

Rumah minimalis bersifat fleksibel. Artinya desain ini bisa dikreasikan dengan cukup mudah. Salah satunya adalah penciptaan kreasi rumah 1 lantai.

Rumah 1 lantai dipilih selain alasan biaya pembangunan juga kenyamanan yang dimilikinya. Berbeda dengan rumah bertingkat, cahaya matahari dan udara bisa mengalir lebih bebas di rumah 1 lantai.

1. Abu-abu is Minimalist Style
Yap, bisa kita lihat bahwa di setiap rumah bergaya minimalis hampir dipastikan selalu menggunakan warna abu-abu. Inilah yang menjadikan warna abu-abu sebagai ciri khas gaya minimalis. Jika anda ingin mendesain rumah menggunakan konsep minimalis, tentu anda tidak boleh meninggalkan warna ini.

Sebetulnya, abu-abu tergolong ke dalam warna yang netral. Artinya anda bisa lebih mudah mengkombinasikannya dengan warna apa saja. Ketika abu-abu disandingkan dengan warna terang, maka rumah terlihat lebih lembut. Kebalikannya, jika dipasangkan dengan warna gelap, rumah terlihat sangat kokoh. Sementara itu, warna-warna cerah mampu membuat abu-abu terlihat dinamis.

Meskipun begitu, diperlukan juga penempatan warna yang benar agar kombinasi yang dilakukan terlihat menarik, bukan malah sebaliknya. Salah-salah, rumah akan terlihat ramai dan jauh dari kesan minimalis itu sendiri.

Inilah pentingnya membuat gambar kerja terlebih dahulu. Melalui gambar, anda lebih mudah mengeluarkan imajinasi dan kreatifitas sekaligus melihat bagaimana hasilnya. Gambar bisa dibuat di atas kertas maupun aplikasi komputer (bagi yang sudah mahir). Pembuatan gambar di komputer akan mempercepat proses permainan warna ini.

2. Pesona Atap Datar
Ciri khas rumah minimalis lainnya adalah bentuk atap yang datar. Meski tidak wajib, atap datar mampu memberikan kesan minimalis dengan cepat. Ini bisa anda lihat pada model perumahan-perumahan terbaru yang umumnya memakai bentuk atap ini.

Pengkreasian atap dilakukan melalui bentuk dan warnanya. Atap bertingkat paling diminati karena terlihat artistik. Untuk ide atap datar selengkapnya bisa anda lihat di sini.

3. Jangan Lewatkan Lanskap!
Terakhir adalah menghadirkan lanskap di depan rumah. Lanskap selain berfungsi memperindah eksterior rumah, juga menghasilkan oksigen. Lanskap untuk rumah minimalis juga sebaiknya dirancang secara sederhana dan memiliki tata letak yang jelas.

Untuk anda yang tinggal di rumah mungil, wall garden bisa menjadi solusi menghadirkan lanskap tanpa memakan banyak lahan. Berbeda dengan roof garden, wall garden banyak memakai tanaman merambat yang ditegakkan ke atas/bawah dengan bantuan tali atau tongkat. Keindahan tercipta ketika tumbuhan-tumbuhan tampil serasi dengan warna cat dinding yang digunakan.

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel